kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45932,66   5,02   0.54%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Raup Cuan Akhir Tahun dari Bunga Tabungan dan Deposito Hingga 6% p.a


Selasa, 05 Desember 2023 / 17:07 WIB
Raup Cuan Akhir Tahun dari Bunga Tabungan dan Deposito Hingga 6% p.a
ILUSTRASI. Kontan - J Trust Bank Kilas Online


Reporter: Tim KONTAN | Editor: Ridwal Prima Gozal

KONTAN.CO.ID - Mendekati akhir tahun, saatnya mengevaluasi kondisi keuangan dan merencanakan strategi tahun depan yang lebih baik. Buka tabungan dan deposito dengan bunga yang kompetitif masih dapat dilakukan di sisa tahun ini untuk mengejar target investasi yang belum tercapai.

Sejumlah kriteria dapat Anda pakai untuk menilai kondisi kesehatan keuangan. Yang paling mendasar, cermati apakah pengeluaran lebih banyak ketimbang pendapatan rutin. Jika Anda sudah dapat mengelola pengeluaran lebih kecil dibandingkan penghasilan, artinya keuangan Anda sudah cukup sehat.

Setelah itu cek rasio utang terhadap pendapatan. Bila rasio utang Anda kurang dari 30% terhadap penghasilan, tandanya keuangan Anda masih baik. Jika lebih besar dari 30%, Anda perlu menekan pengeluaran lain atau berusaha menambah penghasilan di tahun depan agar tidak menggerogoti kesehatan keuangan Anda.

Ciri lain kondisi finansial yang sehat adalah adanya tabungan dana darurat serta investasi. Dana darurat diperlukan sebagai jaring pengaman ketika situasi tertentu membuat Anda harus mengeluarkan banyak biaya. Jumlah tabungan dana darurat idealnya sebesar 3—6 kali pengeluaran bulanan bagi yang masih lajang dan 9—12 kali pengeluaran bulanan bagi yang berkeluarga.

Jika tabungan dana darurat Anda belum mencapai jumlah ideal, jangan berkecil hati. Bila Anda sudah konsisten dan disiplin menabung, pertahankan kebiasaan baik tersebut di tahun depan. Anda bisa mengembangkan tabungan serta investasi secara optimal dengan menempatkan dana di tabungan serta deposito yang memberikan bunga kompetitif.

Bunga deposito spesial

Salah satu penawaran suku bunga spesial tabungan serta deposito dapat dicermati dalam program J’Savers dari J Trust Bank. Promo ini masih berlaku sampai 31 Desember 2023 dan dapat diikuti oleh nasabah baru dan lama J Trust Bank. Anda bisa memanfaatkan program ini untuk memperoleh cuan dan mengejar target investasi di sisa akhir tahun.

Produk tabungan yang masuk dalam program J Savers adalah Tabungan J Trust, Tabungan Tora, dan Tabungan J Trust One. Untuk tabungan, nasabah harus menempatkan dana minimum Rp250.000.000 dan tidak mencairkannya (hold) selama tiga bulan. Setelah itu, nasabah berhak mendapatkan suku bunga tabungan spesial sebesar 5% per tahun (p.a).

Suku bunga ini terhitung sangat kompetitif, mengingat saat ini banyak bank yang hanya memberikan bunga rendah untuk tabungan. Bahkan, sejumlah bank memberlakukan kebijakan bunga nyaris 0% untuk produk tabungan.

Adapun untuk produk deposito, program J’Savers menawarkan bunga deposito khusus untuk tiga tenor deposito. Pertama, tenor 1 bulan dengan bunga deposito 5,50% p.a. Kedua, tenor 3 bulan dengan bunga deposito 5,75% p.a dan ketiga, tenor 6 bulan dengan bunga deposito 6,00% p.a. Untuk memperoleh bunga deposito spesial ini nasabah harus menempatkan dana minimum Rp100.000.000.

Nasabah tidak dapat melakukan pencairan deposito sebelum jatuh tempo. Namun jika karena suatu hal deposito terpaksa dicairkan, nasabah akan dikenakan penalti berupa penurunan suku bunga menjadi 2% p.a. Suku bunga ini dihitung sejak mulai penempatan hingga deposito dicairkan.

Nasabah juga perlu mengetahui, simpanan pada bank dijamin negara berdasarkan peraturan Lembaga Penjamin Simpanan (LPS), baik dari segi nominal simpanan maupun besaran suku bunganya. Karena itu, jika simpanan nasabah tidak mengikuti ketentuan tersebut, yang menjadi penjamin adalah bank penerbit tabungan dan deposito.

Dengan mengikuti program J’Savers J Trust Bank, aset Anda bertumbuh optimal dalam tabungan dan deposito. Kondisi keuangan makin sehat, rencana masa depan pun dapat terwujud. Untuk informasi selengkapnya, kunjungi kantor cabang J Trust Bank terdekat, mengakses www.jtrustbank.co.id atau hubungi Ask J 1500 615.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet Managing Customer Expectations and Dealing with Complaints

[X]
×