CLOSE [X]
kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Rasio menurun, nominal belanja modal Telkom tetap naik tahun depan


Senin, 09 Desember 2019 / 20:15 WIB
Rasio menurun, nominal belanja modal Telkom tetap naik tahun depan
ILUSTRASI. Dirut PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk Ririek Adriansyah (ketiga kanan)

Reporter: Nur Qolbi | Editor: Herlina Kartika

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (TLKM) memasang rasio belanja modal terhadap pendapatan (capex to revenue) yang lebih kecil pada tahun 2020. 

Direktur Keuangan PT Telekomunikasi Indonesia Tbk Harry M. Zen mengatakan, perusahaannya menganggarkan belanja modal atau capital expenditure (capex) tahun depan sebesar 26% dari pendapatan, lebih kecil dari tahun ini yang sebesar 27%.

Meskipun begitu, secara nominal, capex TLKM pada tahun depan akan lebih besar dari 2019. Pasalnya, perusahaan ini menargetkan pendapatannya bisa tumbuh 5%-6%.

Baca Juga: Saham TLKM paling laris diborong asing, ini cuan kalau beli setahun lalu

Sebagai gambaran, pada tahun ini, TLKM memproyeksi pendapatannya bisa tumbuh mid single digit. Dengan asumsi pertumbuhan 5%, maka pendapatan TLKM hingga akhir tahun ini bisa mencapai Rp 137,32 triliun dari 2018 yang sebesar Rp 130,78 triliun.

Dengan target pertumbuhan 5%-6%, maka pendapatan TLKM 2020 bisa mencapai Rp 144,19 triliun - Rp 145,56 triliun. Dengan begitu, capex tahun depan berkisar antara Rp 37,49 triliun-37,85 triliun, meningkat dari proyeksi tahun ini yang sebesar Rp 37,07 triliun.

Harry mengatakan, capex tahun depan akan masih akan digunakan untuk pengembangan bisnis mobile dan non-mobile. Sebanyak 40% capex akan digunakan untuk bisnis mobile. 

"Salah satunya adalah dengan membangun base transceiver station (BTS) baru sebanyak 22.000 BTS 4G," kata dia saat dihubungi Kontan.co.id, beberapa waktu lalu.

Dengan begitu, cakupan jaringan 4G TLKM terhadap populasi masyarakat Indonesia pada tahun depan bisa mencapai 98%, naik dari target akhir tahun ini yang sebesar 95%.




TERBARU

Close [X]
×