kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.013,51   -2,48   -0.24%
  • EMAS932.000 0,22%
  • RD.SAHAM -1.07%
  • RD.CAMPURAN -0.35%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.08%

Proyeksi IHSG dan Rekomendasi Saham untuk Senin (8/8)


Minggu, 07 Agustus 2022 / 16:42 WIB
Proyeksi IHSG dan Rekomendasi Saham untuk Senin (8/8)
ILUSTRASI. Pergerakan saham Bursa Efek Indonesia. Proyeksi IHSG dan Rekomendasi Saham untuk Senin (8/8).


Reporter: Sugeng Adji Soenarso | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ditutup menguat 27,31 poin atau 0,39% ke 7.084,66 pada Jumat (5/8).

Analis Artha Sekuritas, Dennies Christoper Jordan, melihat, IHSG ditutup menguat setelah data GDP 2022 yang baru dirilis di atas ekspektasi pasar yakni di level 5.44%. Di sisi lain, data cadangan devisa juga tercatat cukup kuat.

"Pergerakan juga didorong oleh musim rilis laporan kinerja emiten per semester I 2022," tulisnya dalam riset yang dikutip, Minggu (7/8).

Untuk Senin (8/8), Dennies memperkirakan IHSG menguat. Dia melihat bahwa secara teknikal candlestick membentuk higher high dan higher low mengindikasikan potensi penguatan.

Adapun sentimennya didorong dari optimisme pertumbuhan GDP. Di sisi lain, investor juga akan mencermati beberapa rilis data ekonomi dari China di awal pekan ini.

Baca Juga: IHSG Diramal Lanjut Menguat Pekan Depan, Simak Rekomendasi Saham dari Para Analis Ini

Oleh sebab itu, Artha Sekuritas memproyeksikan support 1 berada di 7.056 dan resistance 1 di 7.101. Kemudian, support 2 pada level 7.028 dan resistance 2 pada level 7.118.

Analis Phintraco Sekuritas Valdy Kurniawan justru menilai IHSG rawan koreksi ke kisaran pivot 7.050. "Potensi koreksi ini diperkuat dengan indikasi deathcross dari Stochastic RSI di overbought area," katanya.

Valdy memperkirakan support IHSG berada di 6.980 dan resistance pada level 7.095.

Adapun yang akan mempengaruhi pergerakan IHSG dari ketegangan geopolitik antara US dan Tiongkok menyusul kunjungan U.S. House Speaker, Nancy Pelosi ke Taiwan. 

Menurutnya, kekhawatiran akan dampak negatif dari ketegangan tersebut terutama pada perdagangan global menjadi perhatian dari pelaku pasar.

Baca Juga: IHSG Menguat 1,92% Dalam Sepekan, Simak Proyeksinya untuk Pekan Depan

Di sisi lain, pelaku pasar juga akan mengantisipasi rilis data sektor ketenagakerjaan AS sebagai salah satu faktor pertimbangan kebijakan yang dirilis Jumat (5/8) malam.

"Hasil dari kedua data tersebut dapat menunjukkan kondisi ekonomi AS dan arah kebijakan moneter yang akan diambil The Fed ke depannya," jelasnya.

Dari domestik, sejumlah data-data domestik yang tercatat positif dapat mengimbangi sentimen negatif eksternal.

Pertumbuhan ekonomi kuartal II 2022 yang meningkat 5,44% yoy lebih tinggi dari kuartal I 2022 di 5,01% yoy dan ekspektasi 5,17% berpotensi menopang pergerakan IHSG di Senin (8/8).

Baca Juga: IHSG Diprediksi Menguat Pekan Depan, Saham-saham Ini Bisa Dicermati

Selain itu, pergerakan IHSG akan dipengaruhi respons pasar dari perilisan data indeks keyakinan konsumen (IKK) mengingat pada IKK bulan Juni 2022 di 128,2 yang menunjukkan konsumsi masyarakat yang kembali pulih ke level pra-pandemi.

Valdy menilai beberapa saham yang dapat diamati pada Senin (8/8), seperti UNVR, LSIP, MLIA, PTBA, INDY, BSDE dan IRRA. Sementara Dennies merekomendasikan PTPP, MIKA dan TOWR.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Digital Marketing in New Normal Era The Science of Sales Management

[X]
×