kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45927,64   6,18   0.67%
  • EMAS1.325.000 -1,34%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Protelindo akan terbitkan obligasi Rp 500 miliar


Rabu, 29 Juli 2020 / 11:20 WIB
Protelindo akan terbitkan obligasi Rp 500 miliar
ILUSTRASI. PT Profesional Telekomunikasi Indonesia (Protelindo) adalah anak usaha dari PT Sarana Menara Nusantara Tbk


Reporter: Nur Qolbi | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Perusahaan menara telekomunikasi PT Profesional Telekomunikasi Indonesia (Protelindo) akan menerbitkan obligasi dengan jumlah pokok sebanyak-banyaknya Rp 500 miliar. Surat utang bernama Obligasi Berkelanjutan II Protelindo Tahap I Tahun 2020 ini merupakan bagian dari Penawaran Umum Berkelanjutan (PUB) II Protelindo dengan target dana yang dihimpun Rp 3,5 triliun.

Berdasarkan prospektus yang dirilis Rabu (29/7), obligasi tersebut bakal ditawarkan dalam dua seri dan dijamin dengan kesanggupan penuh (full commitment). Seri A memiliki tenor tiga tahun, sedangkan Seri B bertenor lima tahun. 

Baca Juga: Protelindo donasikan robot untuk layani pasien corona di Jawa Timur

Protelindo akan menginformasikan jumlah pokok dan bunga per seri pada prospektus selanjutnya.

Masa penawaran awal obligasi ini berlangsung mulai 29 Juli 2020 sampai dengan 11 Agustus 2020. Protelindo memperkirakan, pernyataan efektif dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) akan diperoleh pada 25 Agustus 2020. Oleh sebab itu, masa penawaran umum rencananya diselenggarakan pada 27 Agustus-28 Agustus 2020.

Selanjutnya, penjatahan akan dilakukan pada 31 Agustus 2020, serta pengembalian uang pemesanan dan distribusi elektronik jatuh pada 2 September 2020. 

Rencananya, obligasi ini akan tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada 3 September 2020.

Perusahaan yang 99,9997% sahamnya dimiliki oleh PT Sarana Menara Nusantara Tbk (TOWR) ini menunjuk PT BCA Sekuritas dan PT Mandiri Sekuritas sebagai penjamin pelaksana emisi efek, serta PT Bank Permata Tbk sebagai wali amanat. Obligasi ini mendapatkan peringkat AAA (idn) (Triple A) dari PT Fitch Ratings Indonesia.

Berdasarkan prospektus, setelah dikurangi biaya-biaya emisi, dana hasil obligasi tersebut akan digunakan untuk membayar sebagian utang Protelindo. 
Sebagai gambaran, per kuartal I-2020, total utang Protelindo adalah sebesar Rp 23,16 triliun, terdiri dari utang jangka pendek Rp 6,79 triliun dan utang jangka panjang Rp 16,38 triliun.

Obligasi ini tidak dijamin dengan agunan khusus berupa benda atau pendapatan atau aset lain milik Protelindo dalam bentuk apapun serta tidak dijamin oleh pihak manapun. 

Berdasarkan perjanjian perwaliamanatan sesuai dengan ketentuan dalam Pasal 1131 dan 1132 Kitab Undang-Undang Hukum Perdata, seluruh kekayaan perusahaan, baik berupa barang bergerak maupun tidak bergerak, baik yang telah ada maupun yang akan ada di kemudian hari, kecuali aset Protelindo yang dijaminkan secara khusus kepada krediturnya, menjadi jaminan atas semua kewajiban perusahaan kepada semua krediturnya yang tidak dijamin secara khusus atau tanpa hak istimewa termasuk obligasi ini secara pari passu.

Baca Juga: Perangi corona, Protelindo donasikan face shield dan masker ke anggota kepolisian

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet Managing Customer Expectations and Dealing with Complaints

[X]
×