kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Prospek cerah, begini rekomendasi untuk saham Barito Pacific (BRPT)


Selasa, 06 Juli 2021 / 18:42 WIB
Prospek cerah, begini rekomendasi untuk saham Barito Pacific (BRPT)
ILUSTRASI. Kinerja Barito Pacific (BRPT) kuartal pertama tahun ini yang berhasil tumbuh secara tahunan maupun secara kuartal.


Reporter: Ika Puspitasari | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Barito Pacific Tbk (BRPT) telah menerbitkan obligasi senilai Rp 750 miliar. Penerbitan obligasi ini bagian dari penawaran obligasi berkelanjutan II BRPT senilai total Rp 1,5 triliun.

Barito Pacific akan menggunakan dana obligasi ini untuk membayar utang. Analis Kiwoom Sekuritas Indonesia Sukarno Alatas menilai, penerbitan obligasi ini memang tidak banyak berpengaruh terhadap kondisi BRPT lantaran digunakan untuk membayar utang perusahaan.

Dia melihat saham BRPT memiliki prospek yang menarik. Hal ini tercermin dari kinerja kuartal pertama tahun ini yang berhasil tumbuh secara tahunan maupun secara kuartal. "Margin profitnya membaik dan potensi akan lebih baik secara tahunan dibandingkan tahun sebelumnya," ujar Sukarno, Selasa (6/7).

Pada kuartal pertama tahun ini, laba bersih BRPT tercatat sebesar US$ 45 juta. Padahal di periode yang sama tahun lalu, BRPT masih mencetak rugi bersih sebesar US$ 2,08 juta. 

Baca Juga: Rampung emisi obligasi, Barito Pacific (BRPT) fokus di sejumlah proyek

Laba bersih yang berhasil dicetak perusahaan tak terlepas dari pendapatan BRPT yang mencapai US$ 726 juta di tiga periode Januari-Maret 2021. Realisasi ini naik 18,9% dibanding raihan di kuartal pertama 2020 yang sebesar US$ 611 juta.

Melihat dari kinerja kuartal pertama 2021, Sukarno memprediksi tahun ini pendapatan BRPT bisa tumbuh 11% sampai 15%, begitu juga laba bersihnya. Bahkan jika BRPT dapat mempertahankan margin seperti saat ini atau minimal sedikit di atas tahun lalu maka laba bersihnya bisa tumbuh di atas 15%-20%.

"Sentimen positif juga datang dari peringkat utang yang dinilai positif, sebelumnya dari negatif menjadi stabil menunjukkan likuiditas perusahaan bagus untuk saat ini," tambah Sukarno.

Baca Juga: Ada yang terdepak, berikut daftar 12 emiten dengan market cap di atas Rp 100 triliun

Secara valuasi, dia menilai harga saham BRPT tergolong mahal jika dibandingkan industri yang sama di emiten luar. Tapi tidak menutup kemungkinan harga masih ada peluang kembali naik.

Meski demikian, menurut dia, saham BRPT menarik untuk dikoleksi. Secara teknikal Sukarno bilang harga saham BRPT ada peluang ke Rp 940, jika tidak menembus support di Rp 840 per saham dalam waktu dekat. Pada perdagangan Selasa (6/7), harga saham BRPT naik 3,57% ke harga Rp 870 per saham.

Baca Juga: Barito Pacific (BRPT) cetak laba di kuartal I-2021, berikut rekomendasi sahamnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×