kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45926,73   11,38   1.24%
  • EMAS1.310.000 -1,13%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Proposal Bakrie baru diputus 2013


Rabu, 14 November 2012 / 08:44 WIB
Proposal Bakrie baru diputus 2013
ILUSTRASI. Nasabah sedang melakukan transaksi pembayaran menggunakan Scan QRIS OCTO Mobile di salah satu restoran di Bintaro Jaya, Selasa (9/3/2021).


Reporter: Yuwono Triatmodjo, Veri Nurhansyah Tragistina | Editor: Djumyati P.

JAKARTA. Proposal Grup Bakrie untuk menguasai PT Bumi Resources Tbk (BUMI) dan PT Berau Coal Energy Tbk (BRAU) dari tangan Bumi Plc, tak bisa diputuskan tahun ini. Kepastian nasib proposal Bakrie itu baru akan diambil tahun depan. Padahal, Grup Bakrie berharap, nasib proposalnya bisa diputuskan maksimal 25 Desember 2012.

Nick von Schirnding, Kepala Hubungan Investor Bumi Plc, ragu, proses penelaahan dan pengambilan keputusan atas proposal Bakrie selesai saat Natal tahun ini. Pasalnya, tahapan mengambil keputusan proposal Bakrie terbilang berbelit.

Sebab, panel (otoritas Bursa Saham London) meminta Bumi Plc menyelesaikan investigasi laporan keuangan BUMI dan BRAU sebelum mengambil keputusan atas proposal Bakrie.

Saat ini, kantor hukum MacFarlanes yang ditunjuk Komite Audit Bumi Plc masih belum menyelesaikan investigasi. Amir Sambodo, anggota Komite Audit dan Direktur Independen Bumi Plc bilang, MacFarlanes baru selesai mewawancarai BRAU, BUMI dan Badan Pengawas Pasar Modal Lembaga Keuangan (Bapepam-LK) guna menggali informasi untuk kepentingan investigasi.

Setelah itu, MacFarlanes akan membuat kesimpulan hasil investigasinya kepada Komite Audit Bumi Plc. Hasil investigasi itu kemudian akan dibahas di jajaran direksi independen Bumi Plc yang kemudian akan diajukan kepada panel Bursa London.

Di sisi lain, proses evaluasi atas proposal Grup Bakrie yang dilakukan Rothschild Group (RG) juga masih berlangsung. Rothschild masih menghitung valuasi yang diajukan Grup Bakrie sesuai nilai Bumi Plc.

Jajaran direksi Bumi Plc akan membahas hasil evaluasi RG tersebut. Keputusan itu, kemudian akan dimintakan persetujuan ke panel dan rapat umum pemegang saham (RUPS) Bumi Plc. "Bursa London juga akan tutup 21 November, agak sulit mengambil keputusan proposal Bakrie di tahun ini," imbuh Nick, kemarin.

Bumi Plc juga harus mengambil tindakan pada proposal yang diajukan Nat Rothschild. Namun, posisi dan isi proposal yang diajukan Nat ternyata belum jelas.

Bahkan, kata Nick, Nat hanya mengirimkan surat bahwa dia memiliki alternatif atas proposal Bakrie. "Itu hanya sebuah surat bukan proposal penawaran seperti halnya Bakrie," tutur Nick.

Sayangnya, Nick maupun Amir enggan membeberkan detail isi surat Nat. Surat Nat tersebut ditujukan untuk direksi independen Bumi Plc melalui salah satu direktur independen yaitu Sir Julian Horn Smith.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×