kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45866,25   0,74   0.09%
  • EMAS918.000 0,00%
  • RD.SAHAM -0.32%
  • RD.CAMPURAN -0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.08%

Prediksi IHSG hari Kamis (5/8) menguat lagi, untuk trading cermati saham ini


Kamis, 05 Agustus 2021 / 08:20 WIB
Prediksi IHSG hari Kamis (5/8) menguat lagi, untuk trading cermati saham ini
ILUSTRASI. Prediksi IHSG hari Kamis (5/8) menguat lagi, untuk trading cermati saham ini

Reporter: Nur Qolbi | Editor: Adi Wikanto

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Prediksi Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) hari Kamis, 5 Agustus 2021 berpotensi melanjutkan penguatan. Sejumlah saham menjadi rekomendasi analis untuk meraih cuan pada trading hari ini.

Seperti diketahui, IHSH bergerak positif dengan kenaikan 0,46% ke level 6.159,04 pada perdagangan Rabu (4/8). Hal ini menjadikan IHSG menguat secara berturut-turut dalam tiga hari perdagangan terakhir.

Analis Phintraco Sekuritas Valdy Kurniawan prediksi, IHSG masih dapat menguji resistance level 6.170 pada perdagangan hari ini, Kamis (5/8) dengan support di level 6.075. Saham-saham bank, terutama BBNIBBRI, dan BMRI berpotensi kembali menjadi movers IHSG. "Proyeksi tersebut didasari potensi berlanjutnya tren penguatan nilai tukar rupiah," ucap Valdy.

Sebagai informasi, nilai tukar rupiah menguat 0,2% ke level Rp 14.310 per dolar Amerika Serikat (AS) pada Rabu sore (4/8). Hal tersebut salah satunya didorong oleh proyeksi pertumbuhan ekonomi Indonesia yang dapat berada di atas 6% year on year (yoy) pada kuartal kedua 2021.

Sementara dari eksternal, pelaku pasar akan kembali mencermati data klaim pengangguran awal AS yang akan rilis esok hari sebagai salah satu indikator sektor tenaga kerja di AS. Oleh sebab itu, menurut Valdy, investor juga dapat mencermati saham bank lain, seperti BBTNBTPS, dan ARTO, serta ICBP dan INDF yang berpotensi rebound teknikal pada Kamis (5/8).

Baca juga: IHSG menguat tiga hari beruntun ke 6.159 hingga Rabu (4/8)

Analis MNC Sekuritas Herditya Wicaksana menyatakan, kenaikan IHSG hari Rabu didorong oleh faktor teknikal dan penguatan saham-saham perbankan BUKU II. Kenaikan IHSG juga didukung oleh masuknya dana asing yang terlihat dari adanya net buy senilai Rp 357,79 miliar di seluruh pasar.

Untuk perdagangan Kamis (5/8), Herditya prediksi, IHSG masih berpeluang untuk melanjutkan penguatannya. "IHSG akan menguji area resistance di 6.166 dengan level support di 6.048," ucap Herditya saat dihubungi Kontan.co.id, Rabu (4/8).

Sementara secara fundamental, Herditya prediksi pergerakan IHSG hari ini akan dipengaruhi rilis data pertumbuhan ekonomi Indonesia kuartal kedua 2021. Dia menyarankan pelaku pasar untuk mencermati saham BRMSFRENCENT, dan PGAS.

Baca Juga: Saham blue chips jadi pemberat Indeks ESG Leaders, simak rekomendasi sahamnya

Itulah prediksi IHSG hari ini, Kamis 5 Agustus 2021. Semoga cuan!

Selanjutnya: Saham big cap: IHSG hijau, BBRI naik 3 hari, TLKM naik 5 hari, EMTK turun 3 hari

 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×