kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Potensi penguatan IHSG hari ini terlihat dari faktor fundamental dan teknikal


Selasa, 19 Mei 2020 / 04:05 WIB
Potensi penguatan IHSG hari ini terlihat dari faktor fundamental dan teknikal


Reporter: Avanty Nurdiana | Editor: Avanty Nurdiana

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) berhasil ditutup menguat tipis  0,08% di level 4.511,06, di awal pekan ini Senin (18/5). Beberapa indeks sektor saham yang menjadi pendorong IHSG kemarin adalah saham sektor aneka industri yang menguat 3,89%. 

Selain itu ada indeks infrastruktur naik 2,43% dan saham pertambangan meningkat 2,42%. Aksi jual investor asing masih terlihat cukup deras pada perdagangan awal pekan ini dengan nilai net sell Rp 669,39 miliar. 

Baca Juga: Saham bank jadi pemberat IHSG, berikut saham yang layak dicermati

Kemarin, pemerintah telah menyusun strategi restart perekonomian di tengah pandemi agar target pertumbuhan ekonomi sebesar 2,3% di tahun ini dapat tercapai. Dari eksternal, IHSG kemarin juga ditopang kenaikan harga minyak yang kembali di atas US$ 30 per barel memberikan suntikan optimisme investor. Hal ini karena produsen di AS dan anggota OPEC kompak terus memangkas aktifitas produksi. 

Untuk hari ini, Lanjar Nafi, Kepala Riset Reliance Sekuritas memperkirakan IHSG berpeluang menguat. Ini ditopang dari laporan dari Eropa yang menyebutkan jumlah kematian harian terendah akibat virus corona sejak bulan Maret. Logam industri naik setelah China mengumumkan panduan untuk menghidupkan kembali proyek infrastruktur besar.  

Tak hanya secara fundamental, Lanjar juga melihat, pergerakan IHSG secara teknikal juga berpeluang rebound. IHSG bergerak di level lower bollinger bands dan support fractal. Indikator stochastic yang mulai terlihat menjenuh di area oversold. 

Baca Juga: Wall Street melesat, Dow Jones melonjak 700 poin menyambut harapan vaksin corona

Sehingga secara teknikal IHSG berpeluang bergerak menguat atau rebound di kisaran 4.500-4.660. Sedangkan saham-saham yang masih dapat dicermati diantaranya, BBRI, TLKM ,TWOR, BRPT, BSDE, ACES, ASII dan HRUM.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×