kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45789,54   -7,05   -0.89%
  • EMAS940.000 0,64%
  • RD.SAHAM 0.78%
  • RD.CAMPURAN 0.40%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.06%

Wall Street melesat, Dow Jones melonjak 700 poin menyambut harapan vaksin corona


Senin, 18 Mei 2020 / 21:16 WIB
Wall Street melesat, Dow Jones melonjak 700 poin menyambut harapan vaksin corona
ILUSTRASI. Tiga indeks utama Wall Street melesat dengan kenaikan Dow Jones Industrial Average lebih dari 700 poin.

Reporter: Wahyu Tri Rahmawati | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Wall Street melesat sejak awal perdagangan hari ini. Tiga indeks utama melesat dengan kenaikan Dow Jones Industrial Average lebih dari 700 poin.

Senin (18/5) pukul 21.05 WIB, Dow Jones menguat 3,05% atau 723 poin ke 24.408. Indeks S&P 500 menguat 2,64% ke 2.939. Sedangkan Nasdaq Composite naik 1,85% ke 9.181.

Optimisme uji coba vaksin virus corona yang potensial menjadi penyulut kenaikan bursa saham pada hari ini. Investor pun berharap stimulus lebih banyak lagi di Amerika Serikat (AS) untuk menyelamatkan ekonomi dari kejatuhan akibat corona.

Baca Juga: IHSG masih tertekan, pilih saham blue chips atau saham lapis kedua?

Investor mengamati program vaksin dari sejumlah produsen obat dan merespons perkembangan positif apa pun di tengah kekhawatiran gelombang kedua penyebaran. Apalagi, pemerintah berbagai negara mulai melonggarkan pembatasan.

Produsen obat Moderna Inc mengatakan bahwa vaksin eksperimen untuk Covid-19 menunjukkan hasil yang menjanjikan pada tahap penelitian awal. Harga saham Moderna melonjak 26% pada pra-perdagangan hari ini.

Investor pun menyambut pernyataan Gubernur Federal Reserve Jerome Powell di akhir pekan lalu tentang pemulihan ekonomi secara bertahap. Apalagi Powell menegaskan bahwa stimulus moneter lebih lanjut akan mengalir jika diperlukan.

Baca Juga: Kabar baik, uji klinis vaksin corona Moderna aman untuk manusia

"Powell juga mengindikasikan sesuatu yang penting, bahwa pemulihan penuh akan tergantung pada penemuan vaksin. Ini pada dasarnya memicu harapan pembukaan kembali negara bagian, serta pembukaan negara-negara seluruh dunia," kata Peter Cardillo, chief market economist Spartan Capital Securities kepada Reuters.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



[X]
×