kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45725,83   16,46   2.32%
  • EMAS914.000 0,11%
  • RD.SAHAM 0.55%
  • RD.CAMPURAN 0.20%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.01%

Pinehill harus laba US$ 128 juta jika tidak nilai akuisisi ICBP berkurang


Sabtu, 23 Mei 2020 / 17:37 WIB
Pinehill harus laba US$ 128 juta jika tidak nilai akuisisi ICBP berkurang
ILUSTRASI. Indofood. Pengujung mengambil mie instan di pusat perbelanjaan di Jakarta (11/10). Menurut harian Hong Kong, The Standard, pihak berwenang di Taiwan menyatakan bahwa Indomie yang dijual di negeri mereka mengandung dua bahan pengawet yang terlarang, yaitu

Reporter: Avanty Nurdiana | Editor: Avanty Nurdiana

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk (ICBP) berencana membeli saham Pinehill Company senilai US$ 2,99 miliar. Sebenarnya apa yang dijanjikan oleh Pinehill Corpora Limited dan Steele Lake Limited atas bisnis Pinehill Company kepada produsen mi instan ini? 

Dalam keterbukaan informasi di Bursa Efek Indonesia (BEI) dijelaskan, dalam perjanjian Pinehill sepakat untuk memberikan jaminan nilai rata-rata laba bersih konsolidasi setelah pajak yang dapat diatribusikan kepada pemegang saham dalam dua tahun buku. Yakni pada periode berakhir 31 Desember 2020 dan 31 Desember 2021 nilainya tidak kurang dari US$ 128,5 juta setara dengan Rp 1,9 triliun. 

Baca Juga: Wuih! Indofood CBP (ICBP) teken perjanjian akuisisi Pinehill Rp 44 triliun

"Keuntungan yang dijamin akan diuji merujuk keuntungan pada laporan keuangan auditan konsolidasi grup tahun buku 31 Desember 2021 dibanding dengan 31 Desember 2020 yang akan diterbitkan paling lambat tanggal 21 April 2022," terang Gideon A Putro, Sekretaris Perusahaan ICBP dalam keterbukaan informasi Jumat (22/5). 

Apabila keuntungan yang dijamin tidak tercapai maka harga beli akan disesuaikan dengan formula keuntungan yang dijamin dikurangi aktual keuntungan dikali price earning saham Pinehill Company. Price earning (PE) yang disepakati oleh para pihak adalah 23 kali. 

Keuntungan jaminan mungkin ada 5% deviasi sebelum penyesuaian terpicu untuk dilakukan. Akan tetapi jika penyesuaian terpicu untuk dilakukan maka jumlah dikurangkan dari harga beli berdasarkan kekurangan dikali dengan price earning grup target. 

Baca Juga: Ini isi bisnis Pinehill Company, perusahaan incaran Indofood CBP (ICBP)

"Apabila keuntungan yang dijamin tercapai maka tidak ada penyesuaian harga pembelian yakni tetap di US$ 2,99 miliar," kata manajemen dalam rilis. 

Agar menjamin keuntungan sesuai dengan harga beli kesepakatan maka Pinehill Corpora dan Steele Lake sepakat menahan sebagian pembayaran secara proporsional. Yakni sebesar US$ 650 juta atau disebut dengan nilai retensi baru akan dibayar ICBP kepada Pinehill Corpora dan Steele Lake pada 30 April 2020, dimana batas maksimal Pinehill Company merilis laporan keuangan. 

Baca Juga: Pendanaan akuisisi Indofood CBP (ICBP) atas saham Pinehill tak hanya dari pinjaman

Karena adanya nilai retensi tersebut maka Pinehill Corpora yang memiliki 51% saham Pinehill Company akan dibayar sebesar US$ 1,19 miliar dan sisanya sebesar US$ 331,5 juta akan ditahan dan baru dibayar pada tanggal 30 April 2022 atau tanggal lain setelah penyesuaian harga pembelian secara definitif. 

Sementara, Steele Lake yang memiliki 49% saham Pinehill Company akan dibayar US$ 1,15 miliar dan sisanya US$ 318,5 juta ditahan. "Penyelesaian rencana transaksi akan dilakukan lima hari setelah persyaratan transaksi yakni persetujuan dari pemegang saham dan beberapa hal lain didapatkan," jelas Gideon. 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.


TERBARU

[X]
×