kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45774,37   -28,65   -3.57%
  • EMAS1.028.000 0,00%
  • RD.SAHAM -0.06%
  • RD.CAMPURAN -0.05%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.02%

Wuih! Indofood CBP (ICBP) teken perjanjian akuisisi Pinehill Rp 44 triliun


Sabtu, 23 Mei 2020 / 00:00 WIB
Wuih! Indofood CBP (ICBP) teken perjanjian akuisisi Pinehill Rp 44 triliun
ILUSTRASI. Indofood CBP Sukses Makmur beli saham Pinehill Corpora senilai US$ 2,99 miliar

Reporter: Avanty Nurdiana | Editor: Avanty Nurdiana

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Saat libur bursa, PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk (ICBP) meneken perjanjian dengan Pinehill Corpora Limited dan Steele Lake. Dalam transaksi tersebut, ICBP sepakat untuk membeli saham Pinehill dan Steele di Pinehill Company Limited. Transaksi yang sudah diungkapkan sejak 11 Februari 2020 ini sebelumnya menuai pro kontra lantaran pemilik Pinehill adalah Anthoni Salim, direktur utama ICBP. 

Sekretaris Perusahaan Indofood CBP Sukses Makmur Gideon A Putro dalam keterbukaan informasi di Bursa Efek Indonesia (BEI) menjelaskan, transaksi ini ditandatangani keduanya pada Jumat 22 Mei 2020. Nilai transaksi keduanya cukup fantastis yakni US$ 2,99 miliar setara dengan Rp 44,25 triliun (dengan kurs Rp 14.800 per dollar AS). 

Baca Juga: ICBP Dikabarkan Cari Pinjaman Jumbo untuk Akuisisi Pinehill Company

ICBP dalam keterbukaan informasi menjelaskan, akan membeli saham dari Pinehill Corpora senilai US$ 1,53 miliar setara dengan Rp 22,49 triliun. Pembelian saham tersebut sebanya 70,83 juta setara dengan 51% dari total saham yang diterbitkan atau dijual oleh Pinehill Corpora. Sedangkan sisanya sebanyak 68,05 juta saham setara dengan 49% saham yang dimiliki oleh Steele Lake akan dihargai US$ 1,47 miliar setara dengan Rp 21,76 triliun. 

Untuk melancarkan rencana tersebut, ICBP akan mengadakan rapat umum pemegang saham luar biasa (RUPSLB) paling lambat tanggal 28 Agustus 2020. Perjanjian keduanya akan berlaku sampai dengan 31 Desember 2020. 

Pasalnya transaksi ini termasuk dalam transaksi terafiliasi mengingat Pinehill Corpora merupakan konsorsium dimana Anthoni Salim memiliki penyertaan tidak langsung sekitar 49% di saham Pinehill Corpora. Selain itu, kerabat Anthoni Salim memiliki penyertaan tidak langsung sekitar 8,3% dalam Pinehill Corpora. Sedangkan sisanya 42,7% saham Pinehill Corpora dimiliki oleh pihak ketiga independen. 

Baca Juga: Indofood CBP (ICBP) Dikabarkan Tengah Mencari Pinjaman, Begini Pendapat Analis

Sementara Steele Lake dimiliki secara tidak langsung oleh ASM Telok Ayer Fund reksadana discretionary yang dikelola oleh manajer investasi asal Hong Kong, Argyle Street Management Limited (ASM). "Reksadana lain yang dikelola oleh ASM adalah co investor di investasi lain yang tidak terkait dengan perusahaan yang dikendalikan oleh Anthoni Salim," terang Gideon dalam keterbukaan informasi. 

Tapi ICBP dalam rilis menjelaskan, jika Anthoni Salim adalah pemegang saham tunggal di perusahaan yag menjadi rekan terbatas di salah satu reksadana yang dikelola ASM. "Hal-hal tersebut informasi direksi memeriksa Steele Lake dan pemilik manfaatnya adalah bukan pihak terafilitasi ICBP dan bukan pihak terafiliasi dari Anthoni Salim," tegas Gideon, Jumat (22/5). 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.


TERBARU

[X]
×