kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45908,54   -10,97   -1.19%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Perusahaan Milik Prajogo Pangestu Gelontorkan Rp 940 Miliar untuk Akuisisi PTRO


Sabtu, 06 Januari 2024 / 13:40 WIB
Perusahaan Milik Prajogo Pangestu Gelontorkan Rp 940 Miliar untuk Akuisisi PTRO
ILUSTRASI. Prajogo Pangestu -?President Commissioner; Komisaris Utama; Presiden Komisaris?PT Barito Pacific Tbk BRPT


Reporter: Akhmad Suryahadi | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Perusahaan milik orang terkaya Indonesia, Prajogo Pangestu, PT Petrindo Jaya Kreasi Tbk (CUAN) menggelontorkan hingga Rp 940 miliar dalam mengakuisisi saham PT Petrosea Tbk (PTRO). Hal itu terungkap dalam keterbukaan informasi di Bursa Efek Indonesia (BEI).

Dana sebesar itu untuk pembelian terhadap 342,92 juta saham PTRO milik PT Caraka Reksa Optima, yang mewakili kurang lebih 34% dari seluruh saham yang ditempatkan dan disetor penuh dalam PTRO.

Pembayaran akan dilakukan oleh anak usaha CUAN, yakni PT Kreasi Jasa Persada kepada Caraka Reksa Optima. Caranya dengan pemindahan dana melalui transfer ke rekening bank Caraka Reksa.

Baca Juga: Muluskan Rencana Akuisisi Petrus merosea (PTRO), Petrindo (CUAN) Gelar RUPS Februari

Sebelumnya, para penjual dan pembeli hamenuhi sejumlah syarat pendahuluan. Persyaratan pembeli di antaranya telah menyelesaikan uji tuntas terhadap PTRO sesuai dengan ketentuan perjanjian pembelian saham bersyarat tanggal 7 November 2023.

Selain itu, pembeli memenuhi prosedur transaksi material yang dipersyaratkan pasal 6 POJK 17/2020, dan memperoleh persetujuan rapat umum pemegang saham (RUPS).

Dari sisi penjual, syarat pendahuluan yang harus dipenuhi yakni penjual telah memperoleh persetujuan yang diperlukan berdasarkan peraturan perundang-undangan. Termasuk persetujuan dari pemegang saham penjual. Batas akhirnya 31 Maret 2024

Rencana akuisisi yang akan dilakukan oleh Kreasi Jasa Persada merupakan strategi jangka panjang sebagai bagian dari Grup Petrindo. 

Baca Juga: CUAN dan CHIP Jawara IPO Tahun Ini di Tengah Return Saham yang Beragam

Akuisisi ini bertujuan untuk menambah aset, memperluas jaringan usaha, serta sebagai bagian dari rencana pengembangan usaha jangka panjang CUAN untuk menjadi perusahaan pertambangan dan jasa pertambangan yang terintegrasi.

Akuisisi PTRO juga diharapkan meningkatkan kinerja operasional menjadi lebih efisien dan efektif. Yakni dengan mengintegrasikan operasi serta memperkuat portofolio bisnis CUAN di sektor pertambangan batubara, emas, nikel, gas, dan infrastruktur yang ada. 

 

Baca Juga: TPIA dan BREN, Dua Emiten Prajogo Pangestu ini Berpeluang Menjadi Anggota Indeks MSCI

"Akuisisi ini diharapkan dapat memberikan nilai tambah dan dukungan positif terhadap kinerja CUAN secara keseluruhan," tulis manajemen CUAN.

Pada perdagangan kemarin, saham PTRO turun 2,2% ke Rp 5.550. Sedangkan saham CUAN masih disuspensi BEI.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×