Close | x
kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |
  • USD/IDR14.125
  • EMAS682.000 0,44%
  • RD.SAHAM 0.04%
  • RD.CAMPURAN 0.21%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.04%

Perusahaan blockchain EMURGO jalin kerja sama dengan universitas

Selasa, 19 Maret 2019 / 16:23 WIB

Perusahaan blockchain EMURGO jalin kerja sama dengan universitas

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Menyiapakan sumber daya manusia di bidang teknologi blockchain merupakan salah satu tantangan aplikasi teknologi ini di Indonesia. Namun, karena teknologi ini terbilang baru, Indonesia pun memiliki kesempatan yang sama dengan negara-negara lain di dunia untuk aplikasi teknologi ini di berbagai bidang.

Blockchain adalah buku besar yang dibagikan atau database yang dapat menawarkan transparansi, kepercayaan, dan keamanan karena informasi dapat direkam ke dalam basis data kapan saja dan dapat diakses oleh siapa saja yang memiliki izin (private blockchain) atau tanpa izin (blockchain publik).


Banyak industri dapat memperoleh manfaat dari transparansi dan efisiensi pencatatan data seperti logistik, rantai pasokan, catatan kesehatan, layanan keuangan, dan sebagainya.

David Herlambang, CEO EMURGO Indonesia mengatakan menurut sebuah studi yang dilakukan oleh 'We Are Social' pada tahun 2018, 71% orang Indonesia melihat teknologi sebagai sarana untuk meningkatkan kehidupan mereka dan sangat optimis tentang teknologi.

"Seperti Brasil, mereka percaya bahwa sepakbola akan dapat mengubah hidup mereka menjadi lebih baik," katanya dalam sebuah pernyataan pers kepada Kontan.co.id, Selasa (19/3).

Namun pada kenyataannya, menurutnya, orang Indonesia sering tertinggal dalam proses pengembangan dan hanya menjadi pengguna teknologi. "Munculnya blockchain baru berusia 9 tahun, studi dan penerapan teknologi ini masih baru sehingga waktu yang tepat bagi kita untuk memulai pada tingkat yang relatif awal," katanya.

Karena itu, EMURGO menurutnya sudah menjalin kerja sama dengan empat universitas di Indonesia untuk edukasi blockchain yaitu yaitu Universitas Prasetiya Mulya, Universitas Telkom dan Universitas Gadjah Mada dan Universitas Esa Unggul.

Kerjasama dengan universitas-universitas ini untuk mendorong pendidikan blockchain diterapkan di universitas-universitas di Indonesia sehingga Indonesia tidak hanya pengguna teknologi ini tetapi juga pencipta.

Kerjasama dengan Universitas Telkom yang ditandatangani bersama pada Oktober 2018, misalnya untuk mengimplementasikan pendidikan blockchain dalam ilmu komputer di universitas.

Sementara dengan Universitas Prasetiya Mulya, yang ditandatangani pada bulan September 2018, EMURGO Indonesia akan memberikan kurikulum yang diperluas pada blockchain.

Penambahan program di Prasetiya Mulya mencakup rencana untuk menerapkan kurikulum blockchain baik untuk studi mata pelajaran dan kursus, serta untuk menciptakan kesadaran dengan menciptakan komunitas blockchain di universitas, mengadakan seminar dan juga berfungsi sebagai modal usaha untuk mendorong pengusaha muda untuk mengembangkan blockchain bisnis berbasis di blockchain Cardano.

EMURGO adalah badan komersial resmi Cardano yaitu blockchain generasi ketiga peer review pertama - mendorong adopsi Cardano dan membawa nilai bagi pemegang ADA.

Cardano adalah proyek blockchain dan cryptocurrency publik desentralisasi generasi ketiga, yang sepenuhnya open source. Cardano sedang mengembangkan platform smart contract generasi ketiga yang berupaya menghadirkan fitur lebih canggih daripada protokol apa pun yang dikembangkan sebelumnya.

Ini adalah platform blockchain pertama yang berevolusi dari filosofi ilmiah dan pendekatan berbasis riset. Tim pengembangan terdiri dari sekelompok besar Insinyur global, ahli dan peneliti. IOHK berfokus pada pengembangan teknis platform Cardano.


Reporter: Petrus Dabu
Editor: Yoyok
Video Pilihan

TERBARU
Hubungi Kami
Redaksi : Gedung KONTAN,
Jalan Kebayoran Lama No. 1119 Jakarta 12210.
021 5357636/5328134
moderator[at]kontan.co.id
Epaper[at]kontan.co.id
Iklan : Gedung KOMPAS GRAMEDIA Unit 2
Lt 2 Jl. Palmerah selatan 22-28
Jakarta Selatan 10740.
021 53679909/5483008 ext 7304,7306
2019 © Kontan.co.id All rights reserved
Sitemap | Profile | Term of Use | Pedoman Pemberitaan Media Siber | Privacy Policy

diagnostic_api_kiri = 0.0004 || diagnostic_api_kanan = 0.0458 || diagnostic_web = 0.2480

Close [X]
×