kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45854,83   -7,61   -0.88%
  • EMAS917.000 -0,11%
  • RD.SAHAM -0.15%
  • RD.CAMPURAN 0.00%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.01%

Pertumbuhan iklan diprediksi naik, begini rekomendasi saham Surya Citra Media (SCMA)


Kamis, 15 April 2021 / 07:35 WIB
Pertumbuhan iklan diprediksi naik, begini rekomendasi saham Surya Citra Media (SCMA)

Reporter: Ika Puspitasari | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pendapatan PT Surya Citra Media Tbk (SCMA) tahun lalu turun. Emiten media ini memperoleh pendapatan Rp 5,1 triliun pada tahun 2020 atau turun 7,6% secara yoy. Namun, SCMA masih bisa meraih kenaikan laba bersih 20,5% secara yoy, dari Rp 953 miliar menjadi Rp 1,15 triliun di tahun lalu.

Analis Mirae Asset Sekuritas Indonesia Christine Natasya mengatakan, realisasi kinerja SCMA sejalan dengan ekspektasi konsensus. Dalam risetnya, Christine mengungkapkan, SCMA melakukan banyak penghematan biaya selama pandemi dengan menyiarkan program tayangan ulang.

Selama kuartal IV-2020 saja, SCMA meraih pendapatan sebesar Rp 1,5 triliun atau naik 10% yoy. Ia memproyeksikan, pertumbuhan pendapatan emiten media ini cenderung datar pada kuartal pertama tahun 2021.

Baca Juga: Berkurangnya program re-run, membuat margin laba kotor SCMA kuartal IV menurun

Pertumbuhan yang datar ketimbang kuartal sebelumnya ini lantaran pangsa pemirsa yang relatif lebih rendah dan adanya penurunan secara keseluruhan dari permintaan iklan di TV pada kuartal tersebut.

Meski demikian, Christine memperkirakan, SCMA akan mencatat pertumbuhan iklan TV yang lebih tinggi secara keseluruhan sebesar 3%-4% pada tahun ini. Ia bilang, kinerja emiten ini akan lebih baik pada kuartal II-2021. “Ini didukung oleh aktivitas ekonomi yang lebih tinggi,” tulis Christine dalam riset yang dikutip Kontan.co.id, Rabu (14/4).

Christine memberikan rekomendasi trading buy saham SCMA dengan menurunkan target harga dari Rp 2.100 menjadi Rp 2.000 per saham. Pada perdagangan Rabu (14/4), harga saham SCMA naik 3,09% ke Rp 1.670 per saham.

 

 

Selanjutnya: Analis Panin Sekuritas rekomendasikan hold saham SCMA, ini alasannya

 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Rahasia Banjir Order dari Digital Marketing Sukses Berkomunikasi: Mempengaruhi Orang Lain Batch 3

[X]
×