kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Permintaan perak fisik ikut terangkat gara-gara seruan di Reditt


Selasa, 02 Februari 2021 / 07:00 WIB
Permintaan perak fisik ikut terangkat gara-gara seruan di Reditt


Reporter: Avanty Nurdiana | Editor: Avanty Nurdiana

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Permintaan perak fisik dalam bentuk batangan dan koin melejit terimbas dari ajakan di media sosial Reditt untuk membeli perak. 

Situs Money Metals dan SD Bullion hingga JM Bullion dan Apmex, Walmart mengatakan, selama akhir pekan produk logam mulia di Amerika Utara tidak dapat memproses pesanan sampai pasar Asia dibuka. Ini karena lonjakan permintaan yang belum pernah terjadi sebelumnya. 

Pembelian berlanjut pada Senin, dan harga perak spot dan futures melonjak hingga menembus US$ 30 per troi ons. "Hampir semua perak fisik hampir habis dalam hal inventaris langsung," kata Tyler Wall, presiden dan kepala eksekutif SD Bullion, dalam wawancara dengan Bloomberg TV

Baca Juga: Dilanda aksi borong, harga perak menembus puncak 8 tahun

"Saat ini kami melihat premi harga yang Anda bayarkan untuk mendapatkan perak fisik di tangan Anda meroket. Sebagian besar barang di situs web kami setidaknya 30% tidak dapat memperolehnya dengan harga yang jauh lebih sedikit dari harga grosir kami," kata Wall kepada Bloomberg. 

Permintaan akan perak bahkan membuat telepon terus berdering tanpa henti di dealer Swiss Gold Avenue. "Permintaan naik sepuluh kali lipat hari Minggu kemarin, dan hari ini saya akan mengatakan enam kali," kata CEO Gold Avenue Alessandro Soldati, Senin (2/2). 

Soldati menyebut, semua orang melakukan panggilan dan ingin membeli emas dan perak secepatnya. 

Pedagang ritel, terinspirasi oleh seruan Reddit untu menyerbu pasar perak sejak minggu lalu. Seruan tersebut berhasil menaikkan harga logam fisik, saham penambang perak, dan ETF di bursa. 

Harga perak di pasar spot dan pasar berjangka Comex naik. Menurut Apmex, premi harga perak naik dengan cepat, seiring dengan kenaikan biaya yang signifikan untuk memenuhi kebutuhan dalam satu atau dua hari. 

Pada Sabtu (30/1) saja, pelanggan baru bertambah hampir sebanyak yang biasanya baru dicapai dalam seminggu. Menurut Everett Millman dari Gainesville Coins di Florida, harga koin perak di American Eagle telah meningkat mendekati US$ 5 dari level normal US$ 2 selama tiga hari terakhir. 

Baca Juga: Melonjak 14% dipicu borongan serupa GameStop, harga perak bisa ke US$ 38

Situs web Gainesville Coins juga memberitahukan bahwa pesanan membutuhkan waktu lebih lama dari biasanya untuk dipenuhi. "Benar-benar memotivasi lebih banyak orang untuk tidak hanya ikut-ikutan bersama Redditor," kata Millman melalui telepon. 

Ini juga memperkuat bias bahwa memegang perak fisik adalah investasi yang lebih aman daripada berspekulasi di pasar saham. Reddit adalah media sosial yang kini popular di Amerika dan Eropa. 

Tapi menurut Millman, pasar perak fisik kali ini tidak biasa. "Semua orang telah menaikkan premi mereka," menurut Millman. Dalam waktu normal, beberapa pengecer dapat menawarkan premi yang lebih rendah.

Ada juga tanda-tanda bahwa investor menahan perak yang mereka miliki, daripada mencoba mengambil untung.

"Sekarang kami tidak melihat apa-apa, tidak ada satu tawaran pun, yang menakutkan," pendapat Peter Thomas, wakil presiden senior di Zaner Group, seperti dikutip Bloomberg. Dia menambahkan, apapun yang dijual, orang bersedia membeli dan dilain sisi tidak ada pasokan sama sekali. 

Lonjakan permintaan juga menyebar ke Asia. "Kami telah melihat permintaan yang belum pernah terjadi sebelumnya untuk perak fisik,” Gregor Gregersen, pendiri dealer Silver Bullion Pte. 

Baca Juga: Silver surges to near 6-month peak on retail mania

"Permintaannya cukup besar dan mendalam karena kami telah menyaksikan baik jumlah pesanan yang tercatat serta pesanan ukuran rekor baru selama 24 jam terakhir," terang Gregersen. 

Harga perak di bursa berjangka Comex untuk pengiriman Maret 2021 hingga Senin (1/2) ditutup naik 8,18% menjadi US$ 29,12 per ons troi.  

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×