kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45888,29   7,56   0.86%
  • EMAS937.000 0,00%
  • RD.SAHAM -0.64%
  • RD.CAMPURAN -0.17%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.01%

Permintaan naik, pendapatan Semen Baturaja (SMBR) tumbuh 20% di kuartal I-2021


Rabu, 05 Mei 2021 / 08:44 WIB
Permintaan naik, pendapatan Semen Baturaja (SMBR) tumbuh 20% di kuartal I-2021
ILUSTRASI. Semen Baturaja (SMBR) Foto: DOK Semen Baturaja

Reporter: Dimas Andi | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Semen Baturaja Tbk (SMBR) menyambut tahun 2021 dengan semangat tinggi. Hal ini dapat dilihat  dari pertumbuhan volume yang mampu diraih SMBR selama kuartal I-2021 yakni sebesar 21,5% dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

SMBR secara konsisten mengupayakan perbaikan kinerja keuangan dengan melakukan program efisiensi seperti optimalisasi penggunaan batubara low calorie, pemanfaatan limbah sebagai bahan baku substistusi, optimalisasi operasi Pabrik Baturaja II dan efisiensi biaya usaha.

Selain itu perbaikan saluran dan sistem distribusi beserta penguatan marketing information system mampu mendorong peningkatan volume penjualan SMBR.

Dengan inisiatif strategis yang dilakukan, SMBR mampu memperbaiki kinerja keuangan pada kuartal I-2021 dengan meraih kenaikan pendapatan sebesar 20% dibanding tahun lalu. Keberlanjutan inisiatif strategis pada efisiensi biaya juga mampu menurunkan beban pokok penjualan 21% dibanding periode yang sama tahun 2020.

Baca Juga: Pendapatan naik, Semen Baturaja (SMBR) raup laba bersih Rp 17,97 miliar di kuartal I

SMBR meraup laba bersih SMBR sebesar Rp 17,9 miliar pada kuartal I-2021. Kondisi ini berbanding terbalik dengan realisasi di kuartal I-2020, di mana perusahaan mengalami kerugian.  Sedangkan untuk arus kas bersih SMBR mampu berada di level yang stabil dengan nilai Rp 86,4 miliar. 

"Wilayah Sumatra memiliki pertumbuhan semen positif dengan permintaan yang meningkat setiap bulannya. Semen Baturaja sebagai pabrik semen di Sumatra terus berusaha untuk  menjaga pertumbuhan penjualannya untuk memenuhi permintaan di wilayah Sumatera Selatan, Jambi, Lampung, Bengkulu, dan Bangka Belitung," ungkap Direktur Pemasaran Semen Baturaja Mukhamad Saifudin dalam siaran pers, Rabu (5/5).

SMBR optimistis jika tahun 2021 ini mampu mencapai target penjualan. Dengan adanya proyek strategis dan proyek konstruksi infrastruktur yang mulai berjalan, Semen Baturaja siap menyediakan produk semen berkualitas untuk Indonesia maju.

Selanjutnya: Emiten Semen Terpukul Pandemi, SMBR Anjlok Paling Dalam, Laba SMGR dan SMCB Naik

 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×