kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,75   -27,98   -3.02%
  • EMAS1.327.000 1,30%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Perdagangan perdana, saham Selaras Citra Nusantara (SCNP) melesat 34,55%


Senin, 07 September 2020 / 10:04 WIB
Perdagangan perdana, saham Selaras Citra Nusantara (SCNP) melesat 34,55%


Reporter: Akhmad Suryahadi | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Selaras Citra Nusantara Perkasa Tbk resmi melantai di Bursa Efek Indonesia (BEI) hari ini, Senin (7/9). Dengan kode saham SCNP, Selaras Citra Nusantara Perkasa menjadi emiten ke-40 yang melantai di BEI sepanjang 2020 dan emiten ke-703 yang tercatat di bursa saham.

Perusahaan yang bergerak di industri peralatan rumah tangga, perdagangan besar peralatan, dan perlengkapan rumah tangga ini melepas sebanyak 500 juta saham atau sekitar 20% dari modal ditempatkan dan disetor penuh.

Dalam initial public offering (IPO) ini, harga penawaran saham Selaras Citra Nusantara ditempatkan sebesar Rp 110. Dengan demikian, perusahaan yang berbasis di Bogor ini akan mengantongi dana segar senilai Rp 55 miliar.

Baca Juga: KMDS, BBSI, dan SCNP akan mencatatkan saham di BEI pada Senin (7/9)

Selain itu, SCNP juga mengadakan program employee stock allocation (ESA) dengan mengalokasikan 0,015% dari saham yang ditawarkan, atau setara 73.400 saham.

Selain itu, SCNP menerbitkan opsi saham untuk program Management Employee Stock Option Plan (MESOP) sebanyak-banyaknya 3% dari jumlah modal ditempatkan atau disetor penuh atau sebanyak-banyaknya 75 juta saham.

"Proses persiapan dalam rangka IPO tetap terselenggara dengan baik dalam kondisi yang sulit dan kompleks sebagai dampak yang masih terkait dengan pandemi Covid-19," ujar Direktur Selaras Citra Nusantara Perkasa, Shirly Effendy, Senin (8/9).

Sekitar 55% dana segar hasil IPO akan digunakan untuk perluasan gedung pabrik pada area pabrik di Cileungsi termasuk perbaikan infrastruktur jalanan. SCNP berencana melakukan penambahan jumlah tingkat terhadap gedung yang sudah ada.

Sekitar 10% akan digunakan SCNP untuk pengembangan infrastruktur teknologi operasional saat ini yang meliputi investasi ICT (Information Communications Technology/Teknologi Komunikasi

Informasi). Sekitar 15% untuk pengembangan kegiatan pemasaran, seperti untuk media kendaraan promosi (mobil toko atau moko), display toko, gathering, media social, brand ambassador dan lainnya.

Baca Juga: 9 Perusahaan akan melantai di BEI mulai besok

Selain itu, SCNP akan menggunakan sekitar 15% dana IPO sebagai pinjaman kepada anak usaha, yaitu PT Selaras Donlim Indonesia untuk pengembangan bisnis dan modal kerja.

"SCNP berkomitmen terus berkembang dan bertumbuh semakin besar dan senantiasa berkreasi untuk masa depan," ujar Direktur Utama Selaras Citra Nusantara, Hendrik Nursalim.

Pada perdagangan perdana, saham SCNP langsung melesat ke level Rp 148 dan langsung memuncaki top gainers.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×