kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Perbaikan ekonomi China menjadi tenaga penguatan dolar aussie


Selasa, 11 Februari 2020 / 19:44 WIB
Perbaikan ekonomi China menjadi tenaga penguatan dolar aussie
ILUSTRASI. Pergerakan AUD/JPY Selasa (11/2), pukul 19.08 WIB, menguat 0,37% ke level 73,6760.

Reporter: Muhammad Kusuma | Editor: Wahyu Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pergerakan pasangan mata uang AUD/JPY diprediksi masih akan menguat pada perdagangan Rabu (12/2). Hal ini didukung oleh langkah pemerintah China untuk memperbaiki roda perekonomian negara. Mengutip Bloomberg, pergerakan AUD/JPY Selasa (11/2), pukul 19.08 WIB, menguat 0,37% ke level 73,6760.

Analis Monex Investindo Futures Ahmad Yudiawan mengatakan, penguatan AUD/JPY didorong oleh sentimen positif perekonomian China. Pasalnya, China merupakan salah satu mitra dagang terbesar Australia. Sehingga, jika pergerakan ekonomi China membaik kurs dolar Australia akan mengekor menguat.

“Meskipun sedang dalam kondisi tertekan wabah virus corona, namun pemerintah China telah memberikan stimulus dengan menyuntikkan dana untuk menggerakan roda ekonomi,” kata Ahmad kepada Kontan.co.id, Selasa (11/2).

Baca Juga: Dolar Australia masih unggul menghadapi euro

Bank Sentral China PBOC, menyuntikkan likuiditas sebesar 1,2 triliun yuan atau setara Rp 2.400 triliun ke pasar. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan likuiditas dalam langkah antisipasi pukulan ekonomi akibat wabah virus corona.

Dengan adanya stimulus dari pemerintah China, Ahmad memprediksi perdagangan antara Australia dan China akan membaik. Selain itu, penguatan aussie juga didorong oleh kepercayaan investor terhadap bisnis di Australia. Berdasarkan data ekonomi negara Australia, kepercayaan bisnis Australia membaik menjadi -1. Pada periode sebelumnya kepercayaan bisnis Australia -2.

Ahmad menambahkan, dari sisi yen, minat investor terhadap aset aman cenderung condong ke dolar Amerika Serikat (AS) dibandingkan mata uang Negeri Sakura. Sehingga, ada potensi AUD/JPY akan menguat. “Yen masih melemah terhadap dolar AS. Padahal yen merupakan aset aman juga,” imbuh dia.

Baca Juga: Sentimen internal dorong penguatan rupiah ke level Rp 13.675 per dolar AS

Dari segi teknikal, tekanan untuk pelemahan memang masih ada. Ahmad menjelaskan AUD/JPY menggambarkan pergerakan moving average (MA) terbesar 200 dan MA 100 berada di atas pergerakan harga jadi tendensinya masih bisa bergerak turun.

Namun MA50 sudah mampu break dari pergerakan harga sekarang. MACD masih lebih cenderung di area netral dengan kisaran -0,015 sampai 0,048 RSI berada di 65,94 sehingga masih ada indikasi penguatan.

Ahmad memasang rekomendasi buy on dips atau beli di saat terkoreksi untuk pasangan kurs AUD/JPY dengan level support 72,20 - 72,50 - 73,00 serta level resistance 74,35 - 75,00 - 75,60.




TERBARU

Close [X]
×