kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |

Perang dagang masih memanas, rupiah berpotensi melemah hari ini


Senin, 20 Mei 2019 / 09:40 WIB

Perang dagang masih memanas, rupiah berpotensi melemah hari ini


KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Kurs rupiah terhadap dollar AS diperkirakan bergerak melemah pada perdagangan Senin (20/5). Hal ini akibat efek perang dagang antara AS dan China yang membuat para investor menjauhi aset-aset berisiko.

Dalam riset harian yang diterima Kontan.co.id, Ekonom Samuel Sekuritas Indonesia Ahmad Mikail menyampaikan, indeks dollar AS sebenarnya berpeluang turun ke kisaran 97,9—97,8 pada hari ini. Kurs dollar AS pun berpeluang melemah terhadap beberapa mata uang utama dunia, seperti euro dan yen.

“Investor lebih memilih yen sebagai aset safe haven di tengah makin memanasnya perang dagang antara AS dan China,” ungkap Mikail.

Baru-baru ini AS melarang perusahaan telekomunikasi China Huawei untuk melakukan berbagai bentuk usaha dengan perusahaan telekomunikasi AS.

Sentimen perang dagang tersebut diperkirakan akan mempengaruhi pergerakan rupiah pada hari ini di tengah minimnya sentimen positif dari dalam negeri. Mikail memprediksi, rupiah akan melemah di kisaran Rp 14.460—Rp 14.480 per dollar AS pada hari ini.


Reporter: Dimas Andi
Video Pilihan


Close [X]
×