kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.520.000   0   0,00%
  • USD/IDR 16.095   -25,00   -0,16%
  • IDX 7.108   -49,86   -0,70%
  • KOMPAS100 1.064   -9,05   -0,84%
  • LQ45 834   -8,40   -1,00%
  • ISSI 216   -2,01   -0,92%
  • IDX30 426   -3,80   -0,88%
  • IDXHIDIV20 514   -4,38   -0,84%
  • IDX80 121   -1,10   -0,90%
  • IDXV30 127   -0,23   -0,18%
  • IDXQ30 142   -1,29   -0,90%

Penjualan Matahari Department Store (LPPF) Naik 20,7% Jadi Rp 12,4 Triliun Tahun Lalu


Jumat, 24 Februari 2023 / 16:47 WIB
Penjualan Matahari Department Store (LPPF) Naik 20,7% Jadi Rp 12,4 Triliun Tahun Lalu
ILUSTRASI. Matahari Department Store (LPPF) mampu membukukan penjualan sebesar Rp 12,4 triliun pada 2022.


Reporter: Aris Nurjani | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Matahari Department Store Tbk (LPPF) mampu membukukan penjualan sebesar Rp 12,4 triliun pada 2022. Penjualan LPPF ini naik 20,7% dibandingkan tahun 2021 sebesar Rp 10,3 triliun. Sementara pendapatan bersih pada 2022 mencapai Rp 6,4 triliun, naik 15,5% dari 2021 sebesar 5,6 triliun. 

Selain itu, Matahari mencatatkan laba bersih sebesar Rp 1,4 triliun pada 2022. Laba bersih LPPF meningkat 51,5% jika dibandingkan pada 2021 sebesar Rp 913 miliar. Pertumbuhan pendapatan dan laba LPPF yang mencapai dobel digit didorong oleh mobilitas masyarakat yang mulai pulih setelah pandemi Covid-19 terlihat dari sepanjang 2022.

LPPF mencatat EBITDA mencapai Rp 2 triliun. Angka ini naik 50,9% dari sekitar Rp 1,3 triliun di tahun 2021.

 Baca Juga: Jelang Ramadan, Matahari (LPPF) Buka Gerai Baru

Terry O’Connor, CEO Matahari mengatakan terdapat efek inflasi pada perdagangan di bulan Oktober dan November. Tapi, dampak ini dapat diimbangi dengan penjualan di musim Natal yang menyumbang dua digit. 

"Sehingga menghasilkan pertumbuhan penjualan sebesar 5,2% secara keseluruhan," ungkap Terry dalam siaran pers, Jumat (24/2). 

Penyokong penjualan LPPF lainnya adalah pertumbuhan penjualan digital di berbagai marketplace seperti Shopee, Lazada, dan Matahari.com. Terry mengatakan, Matahari telah melakukan rebranding pada kuartal keempat 2022. Langkah ini berhasil tercermin dari perbaikan dalam harga, nilai, produk, pengalaman pelanggan, dan peningkatan SDM yang meningkat. 

Baca Juga: Emiten Ramai Buyback, Bisakah Investor Mencuil Peluang?

Sebagai informasi, Matahari telah membuka 10 gerai baru pada 2022 dan telah mengamankan 7 lokasi baru untuk gerai baru yang akan dibuka sebelum Lebaran 2023. Matahari mempercepat pembukaan gerai baru untuk memberikan dampak yang optimal bagi kinerja dan memaksimalkan momentum Ramadan dan Hari raya Idul Fitri. 

Adapun, dua gerai yang baru dibuka berlokasi di REVO Town Mall, Bekasi dan Pollux Mall Chadstone, Cikarang, Jawa Barat. Lima toko baru berikutnya akan dibuka di Jawa Tengah (The Park Semarang, Uptown Mall Semarang, dan Sleman Mall Jogjakarta), Bali (Discovery Mall Kuta) dan Kalimantan Timur (Plaza Balikpapan), serta gerai baru lainnya akan beroperasi antara Maret dan awal April 2023.

“Matahari berkomitmen untuk memaksimalkan nilai pemegang saham dengan direksi komisaris merekomendasikan dividen sebesar Rp 525 per saham untuk tahun 2022 serta perpanjangan program pembelian kembali saham yang saat ini berjalan hingga Desember 2023,” kata Terry. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
HOW TO CHOOSE THE RIGHT INVESTMENT BANKER : A Sell-Side Perspective Bedah Tuntas SP2DK dan Pemeriksaan Pajak (Bedah Kasus, Solusi dan Diskusi)

[X]
×