kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.476.000   8.000   0,54%
  • USD/IDR 15.880   71,00   0,45%
  • IDX 7.140   -20,81   -0,29%
  • KOMPAS100 1.092   -2,77   -0,25%
  • LQ45 867   -4,91   -0,56%
  • ISSI 216   0,14   0,06%
  • IDX30 443   -3,59   -0,80%
  • IDXHIDIV20 535   -4,97   -0,92%
  • IDX80 125   -0,31   -0,25%
  • IDXV30 134   -1,32   -0,97%
  • IDXQ30 148   -1,37   -0,92%

Penjualan Emiten Ritel Diproyeksi Tumbuh, Berikut Rekomendasi Sahamnya


Kamis, 20 Juli 2023 / 05:20 WIB
Penjualan Emiten Ritel Diproyeksi Tumbuh, Berikut Rekomendasi Sahamnya


Reporter: Aris Nurjani | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Sentimen positif maupun negatif membayangi pergerakan saham-saham sektor ritel pada tahun 2023. Analis menilai kinerja emiten ritel diperkirakan akan tumbuh lebih baik di 2023 seiring pemulihan ekonomi pasca pandemi Covid-19.

Analis NH Korindo Cindy Alicia Ramadhania menyampaikan kembali normalnya aktivitas masyarakat dan pemulihan ekonomi pasca pandemi Covid-19 merupakan salah satu sentimen positif bagi emiten ritel terlebih ada harapan daya beli konsumen menguat.

"Emiten ritel tentunya diharapkan mencatatkan kinerja yang membaik ke depannya ditopang oleh konsumsi yang kembali membaik pasca Covid-19," jelasnya kepada Kontan, Rabu (19/7).

Adapun, jika berkaca pada pada kinerja emiten ritel di kuartal I-2023, seperti MAPI dan ERAA yang mencatatkan kenaikan pada penjualan. Walaupun laba bersih belum mampu tumbuh dengan baik.

Baca Juga: Laba Bersih Ace Hardware (ACES) Diproyeksi Tumbuh Tahun Ini, Cek Rekomendasi Sahamnya

Sebagai informasi, MAPI mengawali kuartal I-2023 dengan mencatatkan penjualan yang tumbuh 32,5% menjadi Rp 7,5 triliun dibandingkan kuartal I-2022 sebesar Rp 5,6 triliun. 

Adapun, segmen penjualan Retail memimpin pertumbuhan penjualan kuartal I-2023 dengan mencatatkan pertumbuhan sebesar 38,7% diikuti oleh segmen Kafe dan Restoran 34,8% serta segmen lain-lain 19,3%, adapun hanya segmen Departemen Store yang mencatatkan penurunan penjualan sebesar 3,1%.

Namun, laba bersih kuartal I-2023 terkontraksi 30,6% menjadi Rp 404,6 miliar dibandingkan kuartal I-2022 Rp 583,2 miliar dan membawa NPM kuartal I-2023 tercatat lebih rendah yaitu 5,4% dibandingkan kuartal I-2022 sekitar 10,4%.

Sementara, ERAA mencatatkan pertumbuhan penjualan pada kuartal I-2023 sebesar 28,9% menjadi Rp 14,8 triliun dibandingkan kuartal I-2022 sebesar Rp 11,5 triliun. 

Pertumbuhan ini dipimpin oleh segmen Aksesoris dan lainnya yang naik 42,1% menjadi Rp1,7 triliun serta segmen Telepon Selular dan Tablet naik 31,7% dan diikuti oleh segmen Produk Operator yang tumbuh 5,8%. Namun untuk segmen Komputer dan Peralatan Elektronik lainnya terkontraksi 19,2% menjadi Rp 420,2 miliar.

Baca Juga: Pakuwon Jati (PWON) Menuai Berkah dari Berakhirnya Pandemi

Dari sisi bottom line, pada kuartal I-2023 ERAA mencatatkan penurunan sebesar 20,2% pada laba bersihnya menjadi Rp 235,5 miliar dibandingkan kuartal I-2022 sebesar Rp 295,1 miliar sehingga membawa NPM ikut terkontraksi menjadi 1,6% dibandingkan kuartal I-2022 sebesar 2,6%.

Menurut Cindy kinerja MAPI pada kuartal I-2023 salah satunya disebabkan oleh efek low base dari kuartal I-2022 yang saat itu masih berlangsungnya kasus Covid-19 dan juga merupakan tahap awal dari pemulihan pandemi. 

Adapun, pencabutan kebijakan PPKM pada 30 Desember 2022 membawa dampak positif bagi kinerja MAPI di tahun 2023 sehingga dapat meningkatkan penjualan akibat adanya mobilitas masyarakat yang kembali normal. 

Sementara, dari sisi penjualan online, kanal digital MAPI turut mendukung kinerja penjualan dengan memiliki kontribusi sebesar 8,1% dari total penjualan pada kuartal I-2023.

MAPI pun terus melakukan strategi salah satunya dari platform omni-channel yang mana diketahui platform tersebut terintegrasi dengan seluruh jalur distribusi seperti mal, kanal digital, atau mitra marketplace.

Cindy mengatakan di tahun 2023, ERAA menargetkan untuk membuka 600 gerai baru dan akan difokuskan di kota tier 2 dan tier 3 yang memang sebelumnya belum dimasuki oleh ERAA. Hal ini merupakan upaya ERAA untuk menangkap permintaan pasar agar lebih luas lagi. 

Baca Juga: Pemerintah Tambah Kuota ORI023 Lagi, Bank Mandiri Optimistis Bakal Terjual Habis

Selain itu, untuk mengembangkan bisnis yang berkelanjutan, ERAA juga aktif mengembangkan bisnis dibidang F&B, fashion lifestyle, healthcare, dan farmasi.

Secara bisnis vertikal, Erajaya Digital masih memberikan kontribusi paling besar yaitu 92,1%, hingga kuartal I-2023 ERAA memiliki toko sebanyak 1.659 toko, kemudian kontribusi selanjutnya datang dari Active Lifestyle sebesar 6,1%, Food & Nourishment sekitar 1,5%, dan Beauty & Wellness sebanyak 0,3%.

Adapun, dalam memperkuat konsep omnichannelnya, tidak hanya melalui e-commerce ERAA juga mengembangkan bisnisnya melalui eraspace. Adapun diketahui, per kuartal I-2023 My eraspace memiliki total member sebanyak 7,2 juta atau tumbuh 60% secara tahunan dengan nilai transaksi rata-rata sebanyak 6,85 juta.

Menurut Cindy sentimen positif emiten ritel yaitu kembali normalnya aktivitas masyarakat diharapkan dapat mendorong daya beli konsumen menguat.

Baca Juga: Pasca IPO, Sinar Eka Selaras (ERAL) Akan Gencar Buka Gerai

"Sementara risiko yang patut diperhatikan dari emiten retail yaitu menurunnya daya beli konsumen, adanya perubahan kebiasaan belanja konsumen, dan depresiasi mata uang Rupiah, inflasi, dan penurunan permintaan produk," jelasnya.

Cindy merekomendasikan beli untuk saham ERAA dengan target harga Rp 600 dan saham MAPI di overweight dengan target harga Rp 2.000.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Advokasi Kebijakan Publik di Era Digital (Teori dan Praktek) Mengenal Pentingnya Sustainability Reporting

[X]
×