Reporter: Nisa Dwiresya Putri | Editor: Wahyu T.Rahmawati
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Ace Hardware Indonesia Tbk (ACES) mengantongi penjualan cukup tinggi di awal tahun ini. Pada Januari 2018, penjualan ACES naik 17% year on year (yoy).
Catatan Kontan.co.id, pendapatan ACES per Januari 2017 mencapai Rp 446 miliar. Jika menghitung angka pertumbuhan tersebut, maka di Januari 2018 lalu total penjualan ACES mencapai Rp 541,82 miliar.
Hingga akhir 2018, ACES menargetkan pertumbuhan pendapatan sebesar 10%. Target ini lebih kecil dari pertumbuhan pendapatan ACES pada 2017 lalu, yakni sebesar 18%.
"Target tahun ini lebih kecil karena basis pertumbuhan penjualan sudah tinggi tahun lalu. Bukan karena tantangan," ujar Sekretaris Perusahaan ACES Helen Tanzil kepada Kontan.co.id, Kamis (22/2).
Beriringan dengan kinerja yang terus tumbuh, ACES juga konsisten membagi dividen. Tahun ini, ACES berencana membagi dividen lagi. "Sesuai kebijakan, dividen 20% dari laba bersih. Tapi tiga tahun terakhir nilainya 40%-50% dari laba," tutur Helen.
Demi mencapai target pendapatan, ACES mengatur sejumlah strategi. Misalnya, promosi dengan tema berbeda setiap bulannya. Selain itu, akan ada pula produk-produk baru yang ditawarkan. ACES juga mengoptimalkan digital marketing untuk komunikasi yang lebih intensif dengan pelanggan.
ACES juga tetap melakukan ekspansi gerai baru. Perusahaan ritel ini menganggarkan belanja modal atau capital expenditure (capex) sebesar Rp 300 miliar untuk investasi gerai baru di 2018 sebanyak 10-15 gerai. Gerai pertama tahun ini akan dibuka pada kuartal I-2018.
Saat ini, ACES mengelola 144 gerai. Dalam jangka panjang hingga 2020, ACES optimistis bisa memiliki 200 gerai. ACES juga melakukan penjualan online lewat situs ruparupa.com. Sejauh ini kontribusi ruparupa.com masih kurang dari 1% terhadap total pendapatan ACES.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News