kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45966,35   -1,31   -0.14%
  • EMAS928.000 0,54%
  • RD.SAHAM -0.35%
  • RD.CAMPURAN -0.38%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.19%

Penguatan indeks saham sektor properti tertahan daya beli masyarakat


Jumat, 22 Januari 2021 / 15:33 WIB
Penguatan indeks saham sektor properti tertahan daya beli masyarakat
ILUSTRASI. Karyawan berjalan di dekat layar pergerakan saham di gedung Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Selasa (8/12/2020). ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga/rwa.

Reporter: Benedicta Prima | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Indeks saham sektor properti mengalami penguatan tipis 2,15% bila dihitung sejak awal tahun hingga penutupan pasar Kamis (21/1). Indeks sektor ini menjadi ketiga yang terendah setelah sektor agrikultur dan barang konsumer. 

Associate Director of Research and Investment Pilarmas Sekuritas Maximilianus Nico Demus menjelaskan kenaikan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) sejalan dengan faktor pemulihan ekonomi, sehingga indeks sektoral pun ikut menguat. 

Khusus untuk sektor properti kenaikan juga didorong oleh lima kebijakan Bank Indonesia (BI) yang mampu mendorong kredit ke depan. "Namun kita harus hati-hati ketika masuk ke dalam saham properti karena daya beli masyarakat juga masih rendah," jelas Nico, Jumat (22/1). 

Baca Juga: IHSG turun 1,66% ke 6.307 pada Jumat (22/1), asing berburu saham bank besar

Dus, di tahun ini Nico melihat bahwa tingkat suku bunga masih berpotensi di pangkas 25 basis poin (bps) ke level 3,5% dari level saat ini 3,75%.  

Apalagi dengan adanya potensi bahwa inflasi masih sangat rendah, sehingga untuk mengejar tingkat pertumbuhan ekonomi 5%, tentu daya beli juga harus mengalami kenaikan. 

Sebab masyarakat saat ini masih cenderung memilih untuk menahan konsumsi dan menyimpan dananya Selama virus corona belum bisa dikendalikan. 

Melihat kondisi tersebut, Nico merekomendasikan investor untuk wait and see terlebih dahulu dan memilih sektor lain yang lebih prospektif. 

Selanjutnya: BI tahan suku bunga acuan, indeks saham sektor properti naik tipis

 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×