Reporter: Yuliana Hema | Editor: Tendi Mahadi
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Surya Citra Media Tbk (SCMA) mengalami penurunan kinerja sepanjang 2023. Pasalnya, penurunan perolehan pendapatan SCMA, turut berimbas pada laba bersih emiten media ini.
Melansir laporan keuangan tahun buku 2023, SCMA memperoleh pendapatan iklan sebesar Rp 6,65 triliun. Raihan ini turun 8% secara tahunan atau year on year (YoY) dari Rp 7,23 triliun di 2022.
Kemudian SCMA mengantongi Rp 1,07 triliun dari pendapatan lain-lain pada 2023. Pos pendapatan ini juga ikut melorot 12,41% YoY dari Rp 1,22 triliun sepanjang 2022.
SCMA membukukan potongan penjualan sebesar Rp 1,21 triliun selama 2023. Alhasil, pendapatan bersih SCMA mencapai Rp 6,5 triliun yang terkoreksi 8,68% YoY dari Rp 7,13 triliun di 2022.
Baca Juga: Sasar Pasar Global, Multi Hanna (MHKI) Akan Bekerjasama dengan Korea dan Jepang
Kendati begitu, beban program dan siaran SCMA terpantau menurun 2,32% secara tahunan menjadi Rp 4,32 triliun. Kemudian beban usaha entitas Grup Emtek ini mencapai Rp 1,84 triliun.
Pundi-pundi tambahan SCMA melalui pendapatan operasi lainnya mengalami penurunan signifikan sebesar 56,90% secara tahunan menjadi Rp 96,94 miliar di 2023 dari Rp 224,95 miliar.
Dus, laba tahun berjalan yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk SCMA mencapai Rp 334,60 miliar di 2023. Raihan ini ambles 60,46% secara tahunan dari Rp 846,36 miliar sepanjang 2022.
Di sisi lain, total aset SCMA per 31 Desember 2023 berada di posisi Rp 11,05 triliun atau turun 0,20% secara tahunan. Kemudian pada periode yang sama, total liabilitas SCMA berada di level Rp 2,56 triliun.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News