kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.520.000   0   0,00%
  • USD/IDR 16.095   -25,00   -0,16%
  • IDX 7.108   -49,86   -0,70%
  • KOMPAS100 1.064   -9,05   -0,84%
  • LQ45 834   -8,40   -1,00%
  • ISSI 216   -2,01   -0,92%
  • IDX30 426   -3,80   -0,88%
  • IDXHIDIV20 514   -4,38   -0,84%
  • IDX80 121   -1,10   -0,90%
  • IDXV30 127   -0,23   -0,18%
  • IDXQ30 142   -1,29   -0,90%

Pendapatan dan Laba Map Aktif (MAPA) Melonjak Puluhan Persen di Kuartal I-2023


Sabtu, 29 April 2023 / 13:08 WIB
Pendapatan dan Laba Map Aktif (MAPA) Melonjak Puluhan Persen di Kuartal I-2023
ILUSTRASI. Pendapatan bersih Map Aktif Adiperkasa (MAPA) untuk kuartal pertama 2023 meningkat 42,1% menjadi Rp 2,7 triliun.


Reporter: Wahyu Tri Rahmawati | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Map Aktif Adiperkasa Tbk (MAPA) mencatat lonjakan pertumbuhan kinerja di awal tahun. Pendapatan bersih anak perusahaan PT Mitra Adiperkasa Tbk (MAPI) untuk sports, kids, dan leisure untuk kuartal pertama 2023 tercatat sebesar Rp 2,7 triliun, meningkat 42,1% dari Rp 1,9 triliun di tahun 2022. 

Margin laba kotor MAPA naik sebesar 360 bps dari tahun sebelumnya menjadi 49,2% dari 45,6%. Laba usaha melonjak 58,3% menjadi Rp 367 miliar dari Rp 232 miliar. 

Sedangkan EBITDA MAk Aktif naik dari Rp 387 miliar menjadi Rp 549 miliar. Sementara laba bersih Mak Aktif meningkat 62,1% menjadi Rp 276 miliar dari Rp 170 miliar pada kuartal pertama 2022.

Ratih D. Gianda, VP Investor Relations, Corporate Communications and Sustainability MAP Group menyampaikan, kondisi pasar yang membaik setelah pencabutan kebijakan PPKM di akhir tahun 2022 mendorong tingginya permintaan pelanggan terhadap brand kelas dunia. Hal ini mendukung pertumbuhan di seluruh kanal, kategori, dan pasar. 

Baca Juga: Pendapatan Mitra Adiperkasa (MAPI) Melonjak 32,5% di Kuartal I-2023

"Untuk menghadapi periode Lebaran, kami mempersiapkan inventory dalam mengantisipasi meningkatnya penjualan,” kata Ratih dalam siaran pers, Jumat (28/4).

MAPA melanjutkan investasi dalam platform terintegrasi omni-channel yang mencakup semua jalur distribusi. Penjualan dari kanal digital tumbuh 17,2% YoY, berkontribusi sebesar 9,1% dari total penjualan pada kuartal pertama 2023. 

Di masa yang akan datang, MAPA akan mempercepat strategi Regional Brand Commerce, bekerja sama dengan brand eksklusif perusahaan dan mitra pilihan untuk mendorong penjualan melalui jaringan ritel omni-channel. Selain itu, MAPA akan terus menyempurnakan sistem data analytics untuk memberikan merchandise mix yang lebih baik.

Baca Juga: Map Aktif Adiperkasa (MAPA) Raup Pendapatan Bersih Rp 9,80 Triliun pada 2022

“Walaupun masih terdapat kehawatiran tentang tingkat inflasi dan volatilitas pasar ke depannya, kami akan tetap waspada terhadap hambatan ini dan akan tetap berhati-hati demi mencapai hasil terbaik untuk para karyawan, pelanggan dan pemegang saham,” imbuh Ratih.

Map Aktif Adiperkasa (MAPA) adalah entitas brand commerce yang mengelola dan memasarkan brand internasional di Indonesia. MAPA mengelola lebih dari 40 brand eksklusif di lebih dari 1.300 gerai dan 11 situs online. 

Tiga segmen bisnis utama Map Aktif adalah produk sports, leisure footwear dan kids, yang dijual melalui format gerai multi-brand, mono-brand yang dimiliki langsung oleh MAPA, termasuk PlanetSports.Asia, Sports Station, Golf House, dan Kidz Station. Di tahun 2018, Map Aktif mengakuisisi Astec, brand bulu tangkis, fitness dan aktivitas leisure terkemuka di tingkat regional, yang didirikan oleh Alan Budikusuma dan Susy Susanti, peraih medali emas Olimpiade.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
HOW TO CHOOSE THE RIGHT INVESTMENT BANKER : A Sell-Side Perspective Bedah Tuntas SP2DK dan Pemeriksaan Pajak (Bedah Kasus, Solusi dan Diskusi)

[X]
×