kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45926,73   11,38   1.24%
  • EMAS1.310.000 -1,13%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Penawaran lelang SUN rekor tertinggi tahun 2021, ini sebabnya


Selasa, 31 Agustus 2021 / 19:54 WIB
Penawaran lelang SUN rekor tertinggi tahun 2021, ini sebabnya
ILUSTRASI. Minat peserta lelang surat utang negara (SUN) pada Rabu (18/8) tercatat melonjak.


Reporter: Hikma Dirgantara | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Minat peserta lelang surat utang negara (SUN) pada Rabu (18/8) tercatat melonjak. Hal ini tercermin dari jumlah penawaran masuk yang mengalami kenaikan dibanding lelang SUN terakhir. 

Berdasarkan data DJPPR, total penawaran yang masuk sebesar pada lelang kali ini mencapai sebesar Rp 116,1 triliun. Jumlah tersebut lebih tinggi jika dibandingkan lelang SUN yang digelar sebelumnya, yakni Rabu (18/8) sebesar Rp 77,07 triliun.

Bahkan, jumlah penawaran yang masuk pada lelang hari ini juga merupakan yang tertinggi pada tahun ini serta tertinggi kedua sepanjang sejarah lelang SUN. Direktur Surat Utang Negara DJPPR Deni Ridwan memaparkan, tingginya jumlah penawaran yang masuk tersebut seiring dengan berbagai sentimen positif yang menyelimuti pasar obligasi. Selain itu, faktor likuiditas dalam negeri yang melimpah juga masih jadi faktor utama tingginya permintaan pada lelang. 

Baca Juga: Pergerakan rupiah Rabu (1/9) akan dipengaruhi oleh data inflasi

“Pasca ditandatanganinya SKB 3 antara Kementerian Keuangan dan Bank Indonesia yang berpengaruh pada penurunan target lelang SBN serta hasil simposium Jackson Hole yang direspon positif oleh pelaku pasar berdampak pada tingginya demand yang disampaikan investor pada lelang SUN hari ini,” kata Deni dalam siaran pers, Selasa (31/8).

Head of Fixed Income Sucorinvest Asset Management Dimas Yusuf menerangkan, seluruh sentimen di atas menjadi sentimen positif bagi para pelaku pasar. Menurutnya, hasil SKB 3 mendapat respon positif seiring pemerintah optimistis bisa menurunkan tingkat defisit anggaran di bawah 3% pada 2023. 

Selain itu, SKB 3 juga memastikan supply risk mengecil, tercermin dari target pada lelang kali ini yang hanya Rp 21 triliun. Artinya, kebijakan tersebut sudah diimplementasikan dan sesuai dengan panduan. Tak hanya itu, nilai tukar rupiah yang mampu stabil ke Rp 14.268 per dolar AS turut menjadi katalis positif.

“Sentimen tapering justru diterima secara positif, karena guidance yang sudah jelas sejak jauh hari. Tak hanya itu, kekhawatiran pasar soal tapering yang cepat berujung pada kenaikan suku bunga yang lebih cepat juga dibantah oleh Powell. Alhasil ketakutan kenaikan suku bunga saat ekonomi belum pulih pun memudar,” imbuh Dimas. 

Baca Juga: Utang pemerintah naik menjadi Rp 6.570,17 triliun per akhir Juli 2021

Selain jumlah penawaran yang tinggi, pada lelang kali ini tercatat partisipasi investor asing juga meningkat dibandingkan dengan lelang sebelumnya, yaitu sebesar 19,2% dari total bids. Investor asing pun memburu seri FR0091 dan FR0092. Kedua seri ini menjadi seri yang paling diburu pada lelang kali ini dengan persentase 68,2% dari total incoming bids.

Dimas meyakini, faktor fundamental SBN yang solid yang tercermin dari real yield SBN yang masih sangat tinggi dibanding peers, selisih dengan US Treasury yang juga masih cukup tinggi jika dibandingkan secara historis menjadi faktor penting.

Menurut dia, investor asing memang hanya menunggu momentum yang pas untuk masuk. Alhasil, ketika seluruh faktor memang mendukung, investor asing pun menambah posisi mereka. 

Baca Juga: Tertinggi tahun ini, penawaran lelang SUN mencapai Rp 116 triliun pada Selasa (31/8)




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×