kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pelemahan ekonomi hadang marketing sales CTRA, analis tetap rekomendasikan buy


Kamis, 19 Maret 2020 / 07:35 WIB
Pelemahan ekonomi hadang marketing sales CTRA, analis tetap rekomendasikan buy


Reporter: Danielisa Putriadita | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Perlambatan ekonomi akibat sentimen pandemi corona menjadi tantangan semua sektor bisnis, termasuk properti. Analis memproyeksikan usaha PT Ciputra Development Tbk (CTRA) untuk mencapai target pra penjualan (marketing sales) di tahun ini menjadi cukup berat.

Di sepanjang tahun lalu CTRA berhasil meningkatkan perolehan marketing sales sebesar 6% yang jumlahnya mencapai Rp 6,1 triliun. Di tahun ini, perseroan menargetkan pertumbuhan marketing sales sebesar Rp 6,7 triliun atau naik 9% dari perolehan di tahun lalu. 

Baca Juga: Turun paling dalam, begini saran analis untuk saham-saham industri dasar dan kimia

Christopher Andre Analis RHB Sekuritas mengatakan dampak virus korona yang membuat ekonomi melambat berpotensi menekan perolehan marketing sales CTRA.  "Saat ini harga saham CTRA juga ikut anjlok itu merefleksikan akan ada perlambatan ekonomi," kata Christopher, Rabu (18/3). 

Perlambatan ekonomi tidak hanya berpengaruh pada penurunan harga saham. Christopher memproyeksikan perlambatan ekonomi juga berpotensi membuat penjualan CTRA di tahun ini menurun. 

Kini, Christopher masih menanti data pra penjualan CTRA di kuartal I-2020. Jika data pra penjualan di kuartal pertama tersebut tidak capai seperempat dari total target pra penjualan, maka target penjualan di tahun ini berpotensi sulit dicapai. 

Sementara, Aurellia Setiabudi Analis Maybank Kim Eng Sekuritas tadinya memproyeksikan target marketing sales CTRA di tahun ini tumbuh 17%. Kini, Aurellia memproyeksikan pra penjualan CTRA sebesar 6%. Target tersebut menurun karena Aurellia melihat CTRA cenderung menargetkan lebih kecil dari peluncuran proyek barunya. 

Baca Juga: Turun 43,53% sepanjang 2020, begini kinerja tujuh emiten sektor industri dasar

"CTRA hanya menargetkan pra penjualan Rp 400 miliar dari proyek apartemen di Ciracas, Jakarta Timur dan perumahan di Malang, ini bertentangan dengan perkiraan kami yang sebesar Rp 1.000 miliar dari proyek baru sebelumnya," kata Aurellia dalam riset Minggu (8/3).

Meski target pra penjualan lebih rendah dari yang diharapkan, Aurellia optimistis CTRA akan tetap mampu catatkan pertumbuhan pra penjualan. 




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×