kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45906,64   6,79   0.75%
  • EMAS1.395.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.17%
  • RD.CAMPURAN 0.09%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.03%

Pelemahan Dolar AS Mendukung Pound dan Euro, Pemilu Jadi Fokus


Kamis, 04 Juli 2024 / 21:44 WIB
Pelemahan Dolar AS Mendukung Pound dan Euro, Pemilu Jadi Fokus
ILUSTRASI. FILE PHOTO: Euro, Hong Kong dollar, U.S. dollar, Japanese yen, pound and Chinese 100 yuan banknotes are seen in this picture illustration, January 21, 2016. REUTERS/Jason Lee/Illustration/File Photo


Sumber: Reuters | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - Pound dan euro menguat terhadap dolar Amerika Serikat (AS) pada hari Kamis (4/7). Setelah data ekonomi AS yang lemah mengirim dolar lebih rendah sehari sebelumnya, saat pemungutan suara dimulai di Inggris dan pemilu Prancis semakin dekat.

Sterling terakhir naik sedikit di US$1,2757, setelah naik 0,46% sehari sebelumnya dan menyentuh level tertinggi tiga minggu.

Sementara euro berada di US$1,0801, naik 0,1% setelah kenaikan 0,4% pada hari Rabu (3/7) dan mencapai puncak tiga minggu.

Pound sekarang naik sepanjang tahun terhadap dolar, menjadikannya mata uang G10 dengan kinerja terbaik pada tahun 2024.

Dolar jatuh pada data ekonomi AS yang lebih lemah dari perkiraan pada hari Rabu, termasuk laporan jasa yang lemah dan laporan ketenagakerjaan ADP.

Menggambarkan ekonomi AS yang melambat, setelah kenaikan aplikasi awal untuk tunjangan pengangguran minggu lalu.

"Data tersebut memicu ekspektasi bahwa mungkin pasar tenaga kerja melemah dan The Fed akan dapat menurunkan suku bunga di akhir tahun," kata Jane Foley, head of FX strategy Rabobank.

Baca Juga: Menakar Nasib Rupiah di Tengah Memburuknya Ekonomi AS

Pasar sekarang melihat hampir 50 basis poin penurunan suku bunga The Fed pada tahun 2024, kemungkinan besar dimulai dengan langkah 25 basis poin pada bulan September dan satu lagi pada akhir tahun, taruhan yang juga menurunkan imbal hasil US Treasury.

Data pasar tenaga kerja bulanan AS yang paling penting, non-farm payrolls, yang akan dirilis pada hari Jumat (5/7).

Diperkirakan akan menunjukkan peningkatan 190.000 pekerjaan pada bulan Juni setelah kenaikan 272.000 pada bulan Mei, menurut jajak pendapat ekonom Reuters.

Pasar AS tutup pada hari Kamis untuk liburan 4 Juli.

Para pemilih Inggris mulai pergi ke tempat pemungutan suara pada hari Kamis dan tampaknya akan memilih pemimpin Partai Buruh Keir Starmer sebagai perdana menteri berikutnya, menyapu Konservatif Rishi Sunak dari jabatan setelah 14 tahun yang sering kali bergejolak.

Foley mengaitkan dua alasan utama untuk reaksi pasar yang terbatas terhadap panggilan pemilu dan drama kampanye.

"Pertama, Buruh telah secara konsisten di atas (Konservatif) dalam jajak pendapat selama beberapa waktu, jadi tidak ada kejutan," katanya.

Baca Juga: Pasar Global - Saham Memperpanjang Rekor, Pound Berhenti Saat Inggris Memilih

"Alasan kedua adalah Keir Starmer dan Rachel Reeves telah melakukan pekerjaan yang cukup baik dalam meyakinkan investor dan pemilih bahwa mereka telah memindahkan partai ke pusat."

Reeves adalah kepala kebijakan keuangan Partai Buruh.

Analis juga menunjukkan ketidakpastian yang lebih besar tentang pemilu Prancis, dengan putaran kedua dijadwalkan pada hari Minggu.

Kecemasan pasar telah mereda sedikit dan celah yang diawasi ketat antara hasil 10 tahun Jerman dan Prancis telah menyempit menjadi kurang dari 70 basis poin. Setelah berada di atas 80 bps sebelum putaran pertama pemungutan suara minggu lalu.

Francesco Pesole, FX strategist ING mengatakan, ini karena banyak kandidat sayap kiri dan tengah menarik diri dari putaran tiga arah untuk membendung prospek partai sayap kanan National Rally Marine Le Pen.

"Ini meningkatkan peluang parlemen yang tergantung, yang tampaknya menjadi hasil yang lebih diinginkan bagi pasar karena membatasi peluang manuver pengeluaran yang agresif," katanya.

Namun, dia menambahkan, "Tim suku bunga kami terus menyerukan penyebaran Prancis yang lebih luas secara struktural dan kami berharap itu akan membebani euro sepanjang musim panas."

Baca Juga: Wall Street: S&P 500 dan Nasdaq Catat Rekor Penutupan Tertinggi, Dow Tergelincir

Yen Watch

Yen Jepang yang terpuruk, yang gagal mendapatkan daya tarik banyak pada hari Rabu, menguat, dengan dolar turun 0,33% pada 161,18 yen.

Namun, yen masih tidak jauh dari palung 161,96 per dolar yang dicapai pada sesi sebelumnya, terendah sejak Desember 1986, dengan fundamental melawan yen.

Pedagang bersiap untuk kemungkinan intervensi mata uang pemerintah Jepang dengan pasar AS tutup untuk liburan 4 Juli.

Dua putaran pembelian yen sebelumnya di Tokyo datang pada titik-titik yang tidak likuid dalam hari perdagangan global atau perdagangan yang tipis karena liburan.

Namun, hambatan untuk intervensi mungkin lebih tinggi pada tahap ini, kata Marito Ueda, general manager of the market research department di SBI Liquidity Market.

"Kementerian Keuangan mengatakan pemicu untuk intervensi bukanlah levelnya, tetapi jika ada pergerakan yang berlebihan. Sulit untuk turun tangan, karena pergerakan saat ini tidak termasuk dalam kategori itu."

Selanjutnya: Royale Parfum Series by SoKlin Gelar Royale Inspiring Woman Awards 2024

Menarik Dibaca: Poco Luncurkan Tablet Pertamanya, Poco Pad

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×