kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45930,39   2,75   0.30%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pelayaran Nasional Ekalya (ELPI) DapatKredit dari OCBC NISP untuk Penambahan Kapal


Jumat, 10 Februari 2023 / 11:59 WIB
Pelayaran Nasional Ekalya (ELPI) DapatKredit dari OCBC NISP untuk Penambahan Kapal
ILUSTRASI. Kapal jenis?Platform Support Vessel (PSV)?KCT Anggrek 7501 milik?PT Pelayaran Nasional Ekalya Purnamasari Tbk (ELPI).


Reporter: Ridwan Nanda Mulyana | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. PT Pelayaran Nasional Ekalya Purnamasari Tbk (ELPI) mendapatkan pinjaman dari Bank OCBC NISP. Fasilitas kredit diberikan untuk entitas anak ELPI, yakni PT ELPI Nusantara Armada (ENA).

Merujuk keterbukaan informasi di Bursa Efek Indonesia (BEI), Jum'at (10/2), ENA mendapatkan fasilitas kredit dari Bank OCBC NISP di Surabaya. Total limit kredit sebesar Rp 160 miliar dan US$ 4 juta.

Plafond Rp 160 miliar itu terdiri dari lima sublimit Term Loan (TL) masing-masing Rp 32 miliar dan sublimit letter of credit (LC) US$ 6 juta. Kemudian, FX hedging limit senilai US$ 4 juta.

Baca Juga: Sah! Pelayaran Nasional (ELPI) Mengakuisisi 100% Saham Kazo Marine Asal Malaysia

Bunga untuk fasilitas TL sebesar 8,25% per annum dengan jangka angsuran 5 tahun sejak pencairan kredit. 

"Tujuan fasilitas kredit untuk pembiayaan pembangunan kapal jenis tug & barge milik ENA yang akan digunakan sebagai operasional kegiatan usaha," tulis Corporate Secretary ELPI Wawan Heri Purnomo dalam keterbukaan informasi, Jum'at (10/2).

Agunan kredit terdiri dari lima unit kapal jenis tug & barge milik ENA dan Corporate Guarantee (CG) dari ELPI. 

 

Atas CG tersebut, diinformasikan bahwa penjaminan merupakan sebagian kecil aset karena plafond kredit tidak melebihi 20% dari nilai ekuitas ELPI sehingga bukan termasuk transaksi material.

Pengikatan CG sebelumnya telah mendapatkan persetujuan dari Dewan Komisaris pada 30 Januari 2023. Manajemen ELPI menyebut bahwa fasilitas kredit ini memberikan dampak positif pada operasional ENA di bidang tug & barge sesuai dengan bidang usahanya.

Baca Juga: Prospek Saham Sektor Transportasi dan Logistik Tertekan Kenaikan Harga BBM

Wawan mengungkapkan, ENA mampu memiliki revenue yang memberikan profit kepada ELPI. 

"Kinerja ENA akan memberikan added value kepada Perseroan khususnya di bidang transhipment batubara selain offshore & drilling support vessel," imbuh Wawan.

Wawan menegaskan, ELPI hanya sebagai CG dan tidak terdapat asset yang menjadi jaminan. Fasilitas kredit ENA tidak mempengaruhi kinerja ELPI karena untuk pembayaran kewajiban kepada OCBC NISP berasal dari pendapatan ENA atas kontrak jangka panjang dengan PT Bumi Nusantara Jaya (BNJ).

Sebagai informasi, ENA telah mendapatkan kontrak kerja sama dengan BNJ dalam ruang lingkup pengangkutan batubara system freight charter untuk cargo transhipment BNJ di wilayah perairan Kalimantan Timur. Durasi kontrak kerja sama selama 10 tahun (periode 6+2+2).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet

[X]
×