kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,51   7,16   0.77%
  • EMAS1.335.000 1,06%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pefindo menurunkan peringkat Modernland Realty (MDLN) menjadi CCC


Kamis, 25 Juni 2020 / 06:48 WIB
Pefindo menurunkan peringkat Modernland Realty (MDLN) menjadi CCC
ILUSTRASI. Kota Modern yang dikembangkan Modernland Realty di Tangerang. Implikasi negatif Modernland (MDLN) menunjukkan risiko penurunan peringkat lebih lanjut.


Reporter: Wahyu Tri Rahmawati | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) menurunkan peringkat utang PT Modernland Realty Tbk (MDLN) menjadi idCCC, CreditWatch dengan implikasi negatif dari sebelumnya idBBB-. Pemeringkatan ini berlaku untuk periode 23 Juni 2020 sampai dengan 23 September 2020.

Pefindo menyematkan peringkat ini berdasarkan data dan informasi perusahaan dan laporan keuangan audit per 31 Desember 2019. "Obligor dengan peringkat idCCC saat ini rentan dan tergantung pada kondisi bisnis dan keuangan yang menguntungkan untuk memenuhi komitmen keuangannya," ungkap Direktur Utama Pefindo Salyadi Saputra dan Direktur Pefindo Vonny Widjaja dalam pengumuman pemeringkatan, Rabu (24/6).

Penempatan CreditWatch dengan implikasi negatif tersebut di atas sehubungan dengan risiko penurunan peringkat lebih lanjut menjadi D atau default apabila MDLN gagal memenuhi kewajiban keuangannya secara penuh dan tepat waktu. CreditWatch ini akan ditinjau kembali selambat-lambatnya dalam waktu 3 (tiga) bulan sesuai dengan perkembangan kondisi perusahaan dan ketersediaan data serta informasi dari MDLN.

Baca Juga: Fitch memangkas peringkat Modernland Realty (MDLN) menjadi CCC-

Peringkat atas MDLN tidak berlaku untuk suatu efek utang tertentu yang dikeluarkan perusahaan, karena tidak memperhitungkan struktur serta berbagai ketentuan (provision) dari efek utang tersebut, tingkat perlindungan dan posisi klaim dari pemegang efek utang bila emitennya mengalami likuidasi, serta legalitasnya. Di samping itu, peringkat atas MDLN tidak memperhitungkan kemampuan penjamin, pemberi asuransi, atau penyedia credit enhancement lainnya yang ikut mendukung suatu efek utang tertentu.

Selain menurunkan peringkat MDLN, Pefindo juga menurunkan peringkat Obligasi Berkelanjutan I Tahap I Seri B Tahun 2015 Modernland Realty senilai Rp 150 miliar untuk periode 23 Juni 2020 sampai dengan 7 Juli 2020 dari sebelumnya idBBB- menjadi idCCC.

"Efek utang dengan peringkat idCCC pada saat ini rentan untuk gagal bayar dan tergantung pada kondisi bisnis dan keuangan yang lebih menguntungkan untuk dapat memenuhi komitmen keuangan jangka panjangnya atas efek utang," ungkap Salyadi.

Baca Juga: Bergantung pada Dana Eksternal, Moody's Gunting Peringkat Modernland ke Caa1

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×