kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45908,54   -10,97   -1.19%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pefindo berikan peringkat A- untuk obligasi CMNP


Senin, 02 Juli 2012 / 11:48 WIB
Pefindo berikan peringkat A- untuk obligasi CMNP
ILUSTRASI. Direktur Utama Asabri Wahyu Suparyono


Reporter: Astri Kharina Bangun | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

JAKARTA. Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) menetapkan peringkat A- untuk PT Citra Marga Nusaphala Tbk (CMNP) atas rencana Obligasi IV tahun 2012 sebesar maksimum Rp 700 miliar.

Peringkat yang sama juga diberikan Pefindo untuk rencana Sukuk Ijarah I CMNP tahun 2012 sebesar maksimum Rp 500 miliar. Adapun outlook peringkat adalah stabil.

"Peringkat tersebut mencerminkan volume lalu lintas yang tinggi dari Jakarta Intra Urban Toll Road (JIUT) milik CMNP. Ini menyebabkan arus pendapatan yang stabil dan dapat diprediksi, struktur tarif yang lebih baik, dan marjin profitabilitas yang kuat ," ungkap Analis Pefindo Niken Indriarsih, Senin (2/7).

Hal yang perlu dicermati sebagai batasan peringkat adalah portofolio jalan tol perusahaan yang terbatas. Selain itu, adapula hambatan dari struktur permodalan yang agresif dalam jangka pendek hingga menengah untuk membiayai pengembangan jalan tol baru. Ditambah lagi, risiko bisnis terkait pengembangan jalan tol baru.

Portofolio jalan tol CMNP saat ini terdiri dari JIUT untuk seksi Cawang-Tanjung Priok-Jembatan Tiga/Pluit. Sementara itu, anak perusahaan CMNP, yaitu PT Citra Margatama Surabaya mengoperasikan jalan tol Waru-Juanda di Surabaya. Anak usaha lainnya, yakni PT Citra Waspphutowa memiliki hak konsesi atas jalan tol Depok-Antasari di Jakarta yang kini masih dalam tahap pembebasan lahan.

Per 31 Maret 2012, pemilik saham di CMNP terdiri dari Morgan Stanley & Co Intl PLC (13,32%), JP Morgan Chase Bank (5,61%), Remington Gold Limited Singapura (5,23%), Ievan Daniar Sumampow (5,13%), PT Jasa Marga Tbk (4,08%), dan lain-lain termasuk publik (66,62%). Obligasi yang bakal diterbitkan CMNP akan digunakan untuk pengembangan usaha.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×