kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,49   -7,86   -0.84%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pasar berjangka kerek margin, harga perak anjlok 4% pada hari ini (2/2)


Selasa, 02 Februari 2021 / 16:19 WIB
Pasar berjangka kerek margin, harga perak anjlok 4% pada hari ini (2/2)
ILUSTRASI. Harga perak sempat melambung ke level tertinggi dalam 8 tahun karena seruan di Reddit


Sumber: Reuters | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - TOKYO. Harga perak anjlok lebih dari 5% pada perdagangan hari ini. Padahal pada sesi sebelumnya, harga perak berada di level tertinggi dalam delapan tahun karena kenaikan margin setelah Chicago Mercantile Exchange menyerukan penghentian leg terbaru karena hiruk-pikuk GameStop di media sosial. 

Selasa (2/2) pukul 16.00 WIB, harga emas spot tergelincir 4,8% menjadi US$ 27,59 per ons troi, setelah melompat 7,3% ke level tertinggi sejak Februari 2013 di US$ 30,03 pada Senin (1/2). 

Keperkasaan harga perak di awal pekan ini terjadi menyusul sekelompok investor kecil-kecilan yang bergeser ke pasar komoditas menyusul seruan di Reddit dan platform lainnya.

CME Group menaikkan margin pemeliharaan Comex 5000 Silver Futures sebesar 17,9% pada hari Senin dan posting di forum WallStreetBets di tengah aksi minggu lalu yang meminta pedagang untuk menghindari komoditas logam mulai ini.

Baca Juga: Harga emas stabil setelah kemarin melonjak lebih dari 6%

"(Margin yang lebih tinggi) akan meredam kegilaan membeli dan kita bisa melihat harga turun hingga US$ 26 per ons troi dalam dua minggu ke depan. Ini juga memicu beberapa pemesanan keuntungan," kata Vincent Tie, manajer penjualan di Silver Bullion.

Meningkatkan margin yang harus dikirim investor untuk berdagang adalah langkah yang biasa dilakukan CME, pasar berjangka dan komoditas-sentris terbesar di dunia. Ini dilakukan dengan tujuan untuk mencegah tekanan dan volatilitas pasar yang tidak biasa.

Ini mengikuti langkah serupa untuk membatasi aksi pasar oleh beberapa platform online yang memiliki akses mudah yang merupakan saluran utama untuk lonjakan baru-baru ini di pengecer videogame GameStop dan saham AS lainnya.

Selain perak, harga emas spot juga turun tipis 0,8% menjadi US$ 1.846,04 per ons troi. Sedangkan harga emas berjangka untuk pengiriman April 2021 merosot 0,7% menjadi US$ 1.850,10 per ons troi.

Tak hanya itu, harga platinum pun turun 2,5% menjadi US$ 1.099 per ons troi, sementara paladium stabil di level US$ 2.246,23 per ons troi. 

Baca Juga: Permintaan perak fisik ikut terangkat gara-gara seruan di Reditt

"Ketika kenyataan menyadari bahwa beberapa cerita seputar perak tidak benar-benar benar, buih baru-baru ini di pasar bisa turun," kata Harshal Barot, konsultan riset senior untuk Asia Selatan di Metals Focus. 

Kegilaan investor ritel yang dimulai minggu lalu telah membuat dealer global memperebutkan perak batangan dan koin untuk memenuhi permintaan. Ini juga mendorong regulator Komoditas AS untuk memantau pasar.

Fakta bahwa perak bergerak naik tanpa lonjakan serupa pada logam mulia dan industri lainnya "menunjukkan bahwa ini adalah jenis outlier dan karena kenaikan itu rentan untuk turun cukup kuat," kata analis ED&F Man Capital Markets, Edward Meir.

Selanjutnya: Harga minyak menguat lagi, WTI tembus ke US$ 54,07 per barel

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×