kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45725,83   16,46   2.32%
  • EMAS914.000 0,11%
  • RD.SAHAM 0.55%
  • RD.CAMPURAN 0.20%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.01%

Pasangan EUR/JPY bergerak volatil, yen terbantu pamornya sebagai safe haven


Kamis, 08 Agustus 2019 / 18:44 WIB
Pasangan EUR/JPY bergerak volatil, yen terbantu pamornya sebagai safe haven

Reporter: Dimas Andi | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pasangan EUR/JPY tampak bergerak volatil sepanjang perdagangan Kamis (8/8). Mengutip Bloomberg pukul 18.00 WIB, pasangan EUR/JPY melemah 0,18% ke level 118,81. Baik euro maupun yen Jepang terpantau silih berganti posisi berada di zona hijau dalam beberapa jam terakhir.

Analis Maxco Futures Suluh Adil Wicaksono mengatakan, euro sebenarnya sempat menguat lantaran secara tidak langsung terbantu oleh keputusan Reserves Bank of New Zealand (RBNZ) yang memangkas suku bunga acuan hingga 50 bps menjadi 1,00% pada Selasa lalu.

Baca Juga: Ini mata uang yang diuntungkan saat terjadi currency war

Hasil ini menimbulkan ekspektasi bahwa bank-bank sentral global, tak terkecuali European Central Bank (ECB) akan ikut menurunkan suku bunga acuan dalam waktu dekat. “Tapi besaran pemotongan suku bunganya belum tentu sedalam Bank Sentral Selandia Baru,” ujar dia, Kamis (8/8).

Sentimen ini sedikit memudarkan efek pelemahan sejumlah data ekonomi Eropa yang dirilis, kemarin. Salah satunya adalah data produksi industri Jerman yang merosot 1,5% pada Juni lalu atau lebih buruk dari ekspektasi konsensus pasar sebesar 0,5%.

Baca Juga: Bank of Japan flagged need to discuss ideas on easing, meeting summary shows

Di sisi lain, posisi euro menjadi tergerus mengingat yen sejauh ini masih cukup terbantu berkat statusnya sebagai aset safe haven. Pamor safe haven memang tengah meningkat di tengah ketidakpastian pasar global akibat perang dagang antara AS-China.

Pergerakan yen juga sedikit dipengaruhi hasil indeks economy watchers Jepang yang berada di level 41,2 di bulan Juli lalu. Angka ini lebih rendah dibandingkan pencapaian bulan sebelumnya di level 44,0.

Arah pergerakan yen juga akan dipengaruhi oleh data awal pertumbuhan ekonomi Jepang di kuartal II-2019 yang dirilis nanti malam.

Sementara mata uang euro akan dipengaruhi oleh sejumlah data ekonomi Eropa yang dirilis pada esok hari. Di antaranya data neraca dagang Jerman dan Italia serta data produksi industri Prancis. “Data produksi industri Prancis diprediksi akan stagnan,” kata Suluh.

Baca Juga: Duh, nilai tukar yuan di pasar offshore sentuh rekor terendah sepanjang masa

Secara teknikal, pasangan EUR/JPY bergerak di bawah moving average (MA)50, MA100, dan MA200 dengan indikasi masih berusaha rebound. Indikator stochastic berada di level 71%, sedangkan RSI berada di level 65%. Adapun indikator moving average convergence/divergence berada di area positif dengan kecenderungan naik.

Suluh merekomendasikan buy pasangan EUR/JPY. Ia memperkirakan, pasangan ini akan bergerak di level support 118,40 – 117,70 – 116,90 sementara resistance ada di level 119,70 – 120,60 – 121,40.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.


TERBARU

[X]
×