kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Pangsa pemirsa MNCN unggul gara-gara debat capres


Kamis, 21 Februari 2019 / 20:10 WIB

Pangsa pemirsa MNCN unggul gara-gara debat capres


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Jelang pemilihan umum 2019, emiten media diuntungkan kenaikan audience share alias pangsa pemirsa dan pendapatan iklan. Salah satu media beruntung tersebut yaitu PT Media Nusantara Citra Tbk (MNCN).

Analis NH Korindo Sekuritas, Michael Tjahjadi melihat bahwa penyelenggaraan debat calon presiden (capres) selama dua kali cukup menjadi keuntungan bagi emiten media. Apalagi PT Media Nusantara Citra Tbk (MNCN). Dia bilang dampak positif yang diperoleh MNCN yaitu audience share dan pendapatan iklan yang masuk.


“Di antara media lainnya, MNCN paling diuntungkan karena pada debat kedua, empat stasiun televisi miliknya menayangkan debat pilpres,” ujar Michael kepada Kontan.co.id, Kamis (21/2).

Sementara untuk emiten SCMA masih harus bersaing dengan stasiun MetroTV. Jika melihat audience share SCMA dan MNCN sepanjang 2018, SCMA terbukti mampu meningkatkan kualitas kontennya dan menghadirkan sinetron/program yang diminati. Hingga September 2018, tingkat audience share MNCN capai 32% dan SCMA 34%.

Namun tahun ini dengan tayangan debat, audience share MNCN bisa lebih unggul. Namun sayang, Michael tidak menyebut pasti tingkat audience share yang diperoleh sebab penyelenggaraan debat masih terus berlangsung. Bagi Michael, MNCN lebih aktif dalam menggarap semua pendapatan non iklan TV seperti memonetisasi konten dan pendapatan dari media online.

Hanya saja, bagi Michael peningkatan audience share tidak akan bertahan lama. Paling tidak, menurutnya hanya malam debat saja.


Reporter: Jane Aprilyani
Editor: Wahyu Rahmawati
Video Pilihan

Tag

Close [X]
×