kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45887,73   13,33   1.52%
  • EMAS1.365.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pangsa Pasar Astra International (ASII) Diproyeksi Menciut, Simak Rekomendasi Analis


Jumat, 28 Juni 2024 / 10:43 WIB
Pangsa Pasar Astra International (ASII) Diproyeksi Menciut, Simak Rekomendasi Analis
Logo PT Astra International Tbk ASII di puncak gedung Menara Astra, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta. Pangsa Pasar Astra International (ASII) diprediksi menciut ke level 55% dari saat ini di 58% dampak masuknya BYD dan Chery.


Reporter: Shifa Nur Fadila | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Penjualan PT Astra International Tbk (ASII) mengalami penyusutan pada Mei 2024. Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) mencatat, total penjualan mobil Astra International mencapai 41.314 unit, turun 11,85% secara tahunan dari 46.873 unit pada Mei 2023.

Head of Corporate Investor Relation Astra International, Tira Ardianti, mengatakan, penurunan penjualan mobil ASII selama bulan Mei 2024, salah satunya dipicu melemahnya daya beli masyarakat kelas menengah. 

Selain itu, Tira melanjutkan, perusahaan pembiayaan kini lebih ketat dalam mengucurkan pinjamannya ke segmen roda empat.

Hal itu sejalan meningkatnya kredit macet atau non performing finance (NPF) perusahaan pembiayaan di sepanjang tahun berjalan ini. 

Baca Juga: Penjualan Mobil Astra International (ASII) Kembali Tertekan, Cek Rekomendasi Analis

"Jadi, penyaluran kredit untuk pembelian mobil melambat. Ini ikut memengaruhi penjualan mobil," jelas Tira pada KONTAN, Selasa (25/6).

Meski begitu, sambung Tira, masih ada sisa tujuh bulan hingga tutup tahun 2024 untuk mendongkrak penjualan.

Equity Research Analyst Kiwoom Sekuritas Indonesia Miftahul Khaer melihat, prospek ASII di tahun ini masih akan dipengaruhi sentimen penurunan penjualan mobil nasional. 

"Sentimen penurunan penjualan mobil nasional bisa memengaruhi prospek saham ASII sampai akhir tahun 2024," kata Miftahul.

 

Analis BRI Danareksa Sekuritas Richard Jerry melihat, pangsa pasar mobil Astra international normal kembali setelah dapat momentum pada Mei 2024. 

Ia mencatat, penjualan Toyota, Daihatsu, dan Isuzu di bulan Mei 2024 naik 54% secara bulanan. Ini lebih tinggi dari pertumbuhan industri yang hanya 47% secara bulanan.

Baca Juga: Asing Catat Net Sell di Awal Pekan, Cermati Saham yang Banyak Dilego, Senin (24/6)

Alhasil, Asta International memperoleh pangsa pasar 58% pada Mei 2024. Cuma, porsi pangsa pasar ini diprediksi sulit dipertahankan oleh Astra. 




TERBARU
Kontan Academy
Pre-IPO : Explained Supply Chain Management on Efficient Transportation Modeling (SCMETM)

[X]
×