kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45944,75   -7,79   -0.82%
  • EMAS917.000 -0,54%
  • RD.SAHAM -0.87%
  • RD.CAMPURAN -0.36%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.50%

Pandu Sjahrir akan masuk SPAC, perusahaan investasi Crescent yang akan IPO di AS


Kamis, 21 Januari 2021 / 00:58 WIB
Pandu Sjahrir akan masuk SPAC, perusahaan investasi Crescent yang akan IPO di AS
ILUSTRASI. Pandu Patria Sjahrir tak hanya masuk bursa direksi SWF atau INA, Pandu juga akan jadi komisaris perusahaan investasi Crescent, SPAC yang akan IPO di Nasdaq.

Reporter: Titis Nurdiana | Editor: Titis Nurdiana

KONTAN.CO.ID -JAKARTA. Nama Komisaris Bursa Efek Indonesia (BEI) belakangan mencuat tinggi.

Masuk kandidat direksi di Indonesia Investment Authority (INA) alias sovereign wealth fund milik Indonesia, Pandu Sjahrir dikabarkan akan menjadi  salah satu dewan komisaris di perusahaan  investasi  atau special purposes acquisition company (SPAC) milik perusahaan investasi asal Amerika Serikat (AS): Crescent Cove Advisors.

Merujuk pemberitaan Business Times, Selasa (19/1), SPAC atau blank check company akan menggelar penawaran umum perdana atau initial public offering (IPO) di Nasdaq, AS. IPO perusahaan investasi milik Crescent Core Advisor ini  membidik dana sebesar US$ 200 juta dari aksi korporasi itu.

Baca Juga: SWF jadi angin segar bagi sektor konstruksi, bagaimana valuasi BUMN Karya saat ini?

Adapun hasil IPO akan digunakan untuk mengakuisisi perusahaan-perusahaan teknologi di kawasan Asia Tenggara.

Selain Pandu, sejumlah profesional dikabarkan ikut berinvestasi pada SPAC tersebut.Yakni  Co-founder Value Partners Yeh V-Nee dan CEO Luminar Technologies Austin Russell.

Pandu tercatat aktif menjadi investor di beberapa perusahaan start up . Mendapatkan gelar dari University of Chicago dan Stanford University Graduate School of Business, Pandu yang juga keponakan dari Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan juga menjadi investor awal di startup lokal seperti Gojek serta sejumlah start up lain. 

Baca Juga: Ini 3 nama calon anggota Dewas Lembaga Pengelola Investasi (LPI) usulan Jokowi

Selain Indies Capital, Pandu juga menjabat sebagai ketua operasional Sea Ltd. di Indonesia  yang juga aktif masuk di perusahaan-perusahaan start up.

Yang juga pasti, selain SPAC Crescent CoveProvident Acquisition Corp, perusahaan investasi atau special purpose acquisition company (SPAC) yang terafiliasi dengan PT Saratoga Investama Sedaya Tbk (SRTG) juga mejeng di Bursa Nasdaq.

Pada 7 Januari lalu, Provindent baru saja menyelesaikan IPO denga raihan dana US$ 230 juta. Provident Acquisition melepas 23 juta saham dengan harga US$ 10 per saham. Jumlah ini termasuk 3 juta saham yang dijual dari porsi penjatahan berlebih penjamin emisi (underwriter).

Saham  tersebut mulai diperdagangkan dengan kode PAQCU di Nasdaq pada 8 Januari 2021.

Adapun  sole bookrunner dari aksi korporasi ini adalah Citigroup Global Markets Inc.

IPO ini melibatkan sejumlah anchor investor, antara lain WF Asian Reconnaissance Fund Ltd (Ward Ferry), PT Nugraha Eka Kencana yang merupakan anak usaha Saratoga Investama, dan Aventis Star Investment Ltd yang terafiliasi dengan Provident Group.

 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×