kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pandemi menekan kinerja Ciputra Development (CTRA), ini rekomendasi dari analis


Senin, 03 Agustus 2020 / 20:39 WIB
Pandemi menekan kinerja Ciputra Development (CTRA), ini rekomendasi dari analis
ILUSTRASI. Mal Ciputra Tangerang. Pendapatan Ciputra Development (CTRA) menurun 10,83% secara tahunan menjadi Rp 2,80 triliun di semester I 2020.


Reporter: Danielisa Putriadita | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pelemahan ekonomi akibat pandemi Covid-19 turut menekan kinerja PT Ciputra Development (CTRA) meski perusahaan ini berhasil menjaga perolehan pra penjualan (marketing sales).

Laporan keuangan periode semester I-2020 menunjukkan pendapatan CTRA menurun 10,83% secara tahunan menjadi Rp 2,80 triliun dari Rp 3,15 triliun di periode yang sama tahun lalu. Sementara, laba bersih CTRA juga menurun 42,81% secara tahunan menjadi Rp 169 miliar dari Rp 296 miliar di periode yang sama tahun lalu.

Jika dirinci dan dibandingkan pada periode yang sama di tahun lalu penjualan neto dari segmen apartemen anjlok paling dalam sebesar 92,49%.

Baca Juga: Ciputra Development (CTRA) bagikan dividen tunai Rp 148,28 miliar, ini jadwalnya

Christopher Andre Benas Analis RHB Sekuritas mengungkapkan, dalam beberapa tahun terakhir CTRA memang mengurangi peluncuran apartemen seiring dengan pasar yang tidak kunjung bertumbuh. Sementara, penjualan dari segmen kantor masih tumbuh 32,85%.

Bahkan, segmen penjualan kapling tumbuh signifikan, yaitu 135%. CTRA juga berhasil menjaga penjualan rumah hunian dan ruko dengan hanya turun 1,55% saja.

CTRA berhasil membukukan pra penjualan (marketing sales) Rp 2 triliun di sepanjang semester I-2020. Jika dibandingkan dengan semester I-2019, perolehan marketing sales memang masih menurun sekitar Rp 400 miliar atau turun 16,67% dari Rp 2,4 triliun.

Baca Juga: Tingkat okupansi perkantoran CTRA masih di atas 75% pada semester I-2020

Namun, Analis Sucor Sekuritas Joey Faustian mengapresiasi kinerja CTRA dalam menghasilkan marketing sales di tengah pandemi. "Mempertimbangkan tidak ada launching produk baru yang signifikan kinerja marketing sales CTRA cukup bagus di tengah pandemi," kata Joey, Senin (3/8).

Ajeng Kartika Hapsari Analis NH Korido Sekuritas Indonesia dalam riset mengungkapkan, perolehan marketing sales CTRA tumbuh 2,3% secara tahunan menyentuh Rp 1,14 triliun di kuartal I 2020. Saat itu, sebanyak Rp 211 miliar berasal dari peluncuran kluster.

Ajeng mengamati CTRA berhasil meningkatkan marketing sales dengan meluncurkan produk secara daring. Di sisa tahun ini, Ajeng memproyeksikan sektor properti masih akan mengalami masa sulit seiring pandemi Covid-19 yang masih menyebar. Namun, dengan implementasi new normal dan aktivitas ekonomi yang kembali dibuka, maka hal tersebut akan membantu kenaikan daya beli.




TERBARU

[X]
×