kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,49   -7,86   -0.84%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Optimisme Brexit kembali mengangkat kurs poundsterling


Kamis, 08 November 2018 / 22:01 WIB
Optimisme Brexit kembali mengangkat kurs poundsterling
ILUSTRASI. Kurs yen - dollar AS - Poundsterling


Reporter: Danielisa Putriadita | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Optimisme kesepatakan Brexit antara Uni Eropa dengan Inggris sempat mengangkat poundsterling dihadapan dollar Amerika Serikat (AS) Namun, mengutip Bloomberg hingga pukul 19.44 WIB, pasangan mata uang GBP/USD melemah tipis.

Puja Purbaya Sakti, Analis Rifan Financindo Berjangka mengatakan, dollar AS kembali menguat tipis karena investor mengalihkan perhatian mereka pada pengumuman kebijakan moneter dari Federal Reserve yang akan berlangsung pada dini hari nanti. Sebelumnya, dollar AS sempat melemah terhadap sejumlah mata uang rival utamanya, termasuk poundsterling.

Sementara itu, poundsterling tetap terdukung di atas level 1,3000 oleh optimisme yang mendukung harapan kesepakatan Brexit antara Uni Eropa dan Inggris. Menteri Brexit Inggris, Dominic Raab, mengatakan bahwa kesepakatan Brexit akan diusahakan tercapai sesegara mungkin. Sebelumnya, sejak kegagalan negosiasi Brexit di Oktober dan rilis data ekonomi Inggirs hanya memberikan pengaruh terbatas pada pergerakan sterling.

Di sisi lain, dollar AS menurun terhadap sejumlah mata uang rival utama lainnya pada hari Rabu (07/11) setelah Partai Demokrat memenangkan kendali kursi mayoritas di Parlemen AS. Sementara Partai Republik mengencangkan kekuasaan di Senat dalam pemilihan sela AS.

Melemahnya dollar AS setelah hasil pemilu AS ini memberikan sentimen positif bagi poundsterling untuk bisa lanjutkan penguatannya. Selain itu GBP/USD naik ke level tertingginya sejak 17 Oktober setelah GBP/USD melaju 0,31% ke 1,3140 dipicu ekspektasi kesepakatan Brexit yang terus mendukung permintaan.

Indikator moving average exponential (EMA) mengecil dengan arah kurs turun, kemudian pada vortex indicator (VI) dengan kondisi blue over red yang mengecil dimana arah kurs berpotensi untuk lanjutkan kenaikan. Indikator true strength indicator (TSI) berada di area -6 yang menunjukkan kurs kurang kuat turun. Secara umum GBP/USD masih berpotensi untuk melanjutkan kenaikan pada perdagangan selanjutnya.

Puja merekomendasikan trading buy untuk pasangan GBP/USD selama haga di atas support 1,2921-1,3080 dan resistance 1,3183-1,3230.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×