kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45812,30   5,40   0.67%
  • EMAS1.056.000 0,19%
  • RD.SAHAM -0.34%
  • RD.CAMPURAN -0.11%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.02%

OJK merestui rights issue Bank Bukopin, begini prospek saham BBKP


Rabu, 01 Juli 2020 / 16:25 WIB
OJK merestui rights issue Bank Bukopin, begini prospek saham BBKP
ILUSTRASI. Kookmin dapat menjadi pemegang saham terbesar Bank Bukopin (BBKP) sampai dengan 37,6%.

Reporter: Ika Puspitasari | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kemarin, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) telah memberikan pernyataan efektif pelaksanaan penawaran umum terbatas kelima (PUT V) PT Bank Bukopin Tbk (BBKP). PUT V BBKP tersebut dilakukan melalui penerbitan saham baru dengan memberikan penawaran hak memesan efek terlebih dahulu (HMETD) atau rights issue.

Bank Bukopin akan menggunakan seluruh dana hasil rights issue untuk modal kerja dalam rangka meningkatkan pertumbuhan kredit. Hal ini sesuai dengan hasil keputusan Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) Bank Bukopin pada 24 Oktober 2019 yang lalu.

Dalam prospektus PUT V, Bank Bukopin memaparkan bahwa kedua pemegang saham utama, yaitu PT Bosowa Corporindo dan KB Kookmin Bank Co Ltd menyatakan kesiapan untuk melaksanakan seluruh haknya dalam PUT V.

Baca Juga: Bank Bukopin tak lagi jadi mitra pembayaran iuran, begini penjelasan BPJamsostek

Selain itu, Kookmin juga siap untuk menjadi pembeli siaga atas hak yang tidak dieksekusi oleh pemegang saham lain. Total saham yang bakal diterbitkan mencapai 4,66 miliar atau setara 40% dari jumlah saham beredar sekarang ini.

Dengan rasio tersebut, maka setiap 5 saham lama akan mendapatkan 2 HMETD, kemudian 1 HMETD berhak untuk mendapatkan 1 saham jika dilaksanakan pada periode pelaksanaan HMETD, dengan harga pelaksanaan Rp 180 per saham. Dengan Kookmin kembali menjadi pembeli siaga, maka Kookmin dapat menjadi pemegang saham terbesar sampai dengan 37,6%.

Head of Investment Research Infovesta Utama Wawan Hendrayana menilai, masuknya Kookmin menjadi pemegang saham mayoritas BBKP menjadi sentimen positif untuk perusahaan tersebut. Terlebih di tengah pemulihan ekonomi akibat Covid-19 ini membutuhkan banyak pembiayaan. Sehingga, komitmen Kookmin untuk menyuntikkan dana ini dapat menjaga keberlangsungan usaha Bukopin.

Baca Juga: Saat likuiditas terbatas, restu rights issue Bank Bukopin harus berpacu dengan waktu

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.


TERBARU

[X]
×