kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45903,33   4,58   0.51%
  • EMAS1.313.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Obligasi masih jadi pilihan menarik bagi investor ritel


Selasa, 29 Mei 2018 / 19:55 WIB
Obligasi masih jadi pilihan menarik bagi investor ritel
ILUSTRASI. Penawaran SBR003


Reporter: Dimas Andi | Editor: Sofyan Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Terlepas dari hasil penjualan Savings Bond Ritel seri SBR003 yang tak bisa melampaui pencapaian seri sebelumnya, analis menilai instrumen obligasi masih menjadi pilihan yang menarik bagi investor ritel.

Sebagai informasi, pemerintah telah menetapkan hasil penjualan SBR003 sebesar Rp 1,92 triliun. Walau jumlah tersebut telah memenuhi target indikatif sekitar Rp 1 triliun, penjualan SBR003 sebenarnya masih kalah dibandingkan seri sebelumnya yaitu SBR002 yang mencapai Rp 3,91 triliun.

Menurut Fund Manager Capital Asset Management, Desmon Silitonga, instrumen obligasi semacam SBR003 tetap dibutuhkan oleh investor ritel terutama yang berasal dari generasi milenial.

Investor ritel memang menginginkan instrumen obligasi yang tergolong murah dari segi nilai investasi minimal. Hal ini sejalan dengan penghasilan investor tersebut yang tidak terlalu besar. Di sisi lain, investor ritel juga menginginkan imbal hasil yang tinggi. “Di masa mendatang, pemerintah perlu memperbanyak instrumen obligasi yang menawarkan imbal hasil menarik namun terjangkau bagi investor ritel,” kata Desmon, kemarin (29/5).

Analis Fixed Income Fund Manager Ashmore Asset Management Indonesia, Anil Kumar menambahkan, selain faktor nilai investasi minimal dan tawaran imbal hasil, investor ritel juga akan mempertimbangkan faktor likuiditas ketika hendak memilih instrumen obligasi yang diinginkannya. Dalam hal ini, suatu instrumen obligasi akan menarik bagi investor ritel jika mampu memberikan kemudahan ketika ingin melakukan pembelian atau penjualan berkali-kali di pasar sekunder.

Dia menambahkan, pilihan instrumen obligasi bagi investor ritel pada dasarnya beragam. Bagi investor ritel yang aktif atau memiliki bekal pengetahuan tentang investasi yang mumpuni, membeli obligasi secara langsung dapat menjadi pilihan yang menarik.

Namun, jika investor ritel tersebut bertipikal pasif atau belum memiliki pengetahuan investasi yang berlimpah, membeli reksadana pendapatan tetap juga dapat menjadi pilihan. Hal ini mengingat pengelolaan reksadana diserahkan kepada manajer investasi yang sudah profesional dan paham akan seluk-beluk pasar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×