kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45895,55   2,12   0.24%
  • EMAS1.333.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Obligasi III 2023 Adhi Commuter Properti (ADCP) Oversubscribed 3,5 Kali


Rabu, 29 November 2023 / 21:29 WIB
Obligasi III 2023 Adhi Commuter Properti (ADCP) Oversubscribed 3,5 Kali
ILUSTRASI. PT Adhi Commuter Properti Tbk (ADCP) membukukan kelebihan permintaan (oversubscribed) sebanyak 3,5 kali untuk Obligasi III Tahun 2023.


Reporter: Pulina Nityakanti | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Adhi Commuter Properti Tbk (ADCP) membukukan kelebihan permintaan (oversubscribed) sebanyak 3,5 kali untuk Obligasi III Tahun 2023.

ADCP berencana menerbitkan Obligasi III Adhi Commuter Properti tahun 2023 dengan jumlah pokok Rp 499,9 miliar. Obligasi itu ditawarkan dalam dua seri yang dijamin secara kesanggupan penuh (full commitment).

Direktur Utama Adhi Commuter Properti Rizkan Firman menuturkan, di era pemulihan sektor industri saat ini, bisnis properti masih memiliki berbagai tantangan besar. Sehingga, ADCP harus berusaha lebih keras untuk bangkit.

“Di tengah kondisi yang kurang menguntungkan, ADCP berhasil meningkatkan Rating Outlook Perusahaan yang semula BBB Negative Outlook menjadi Stable Outlook pada tahun 2023,” ujarnya dalam Public Expose hanya untuk pemegang saham, Rabu (29/11).

Baca Juga: ADCP Bakal Groundbreaking Proyek LRT CITY Cibubur Bulan Depan

ADCP telah melakukan proses bookbuilding untuk penerbitan Obligasi III Tahun 2023 yang mendapatkan garansi dari CGIF dengan instrument rating menjadi AAA.

Dalam proses bookbuilding tersebut, ADCP berhasil oversubscribed hampir 3,5 kali dengan nilai pemesanan efek sebesar Rp 1.690,4 miliar dari target Rp 499,9 miliar yang akan diterbitkan.

“Pendanaan tersebut akan digunakan untuk mempercepat proses pembangunan kawasan-kawasan ADCP,” ungkapnya.

Dalam prospektus, dilansir Kamis (29/11), 50% dana dari penawaran umum obligasi ini akan digunakan Pembayaran seluruh pokok pinjaman Perseroan.

Sementara, sekitar 50% sisanya akan digunakan Perseroan untuk pengembangan kawasan LRT City Tebet dan LRT City Cibubur.

pengembangan kawasan tersebut juga didukung dengan pembiayaan melalui strategi project financing dengan beberapa pihak. Di antaranya, Kawasan Cisauk Point dari Indonesia Infrastructure Finance (IIF) serta Kredit Modal Kerja BTN untuk Kawasan LRT City Bekasi, LRT City Sentul, dan ADHI City Sentul.

Rizkan memaparkan, insentif pembelian properti dari Pemerintah yang membebaskan PPN untuk Pembelian Hunian di bawah Rp2 miliar akan berdampak positif ke kinerja ADCP.

Baca Juga: Adhi Commuter (ADCP) akan Rilis Obligasi III 2023 Rp 499,9 Miliar, Simak Jadwalnya

Insentif pembelian ini akan diterapkan penjualan untuk unit yang sudah siap serah terima atau akan selesai pembangunan.

“ADCP telah mempersiapkan unit di kawasan LRT City Bekasi Eastern Green dan LRT City Sentul dengan nilai lebih dari Rp 300 miliar untuk mendapatkan insentif pembelian properti tersebut,” paparnya.

Ke depannya, ADCP akan terus mengembangkan bisnis untuk menghidupkan ekosistem kehidupan urban dengan konsep TOD.

“LRT City merupakan potensi bisnis terbaik sebagai suatu hunian dengan akses langsung ke lokasi transportasi umum, baik bagi penghuni, maupun bagi para investor,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Accounting Mischief Practical Business Acumen

[X]
×