kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.014,65   8,27   0.82%
  • EMAS955.000 1,06%
  • RD.SAHAM -1.07%
  • RD.CAMPURAN -0.35%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.08%

Nusatama Berkah (NTBK) Menyiapkan Capex Hingga Rp 8,9 Miliar Tahun Ini


Jumat, 18 Februari 2022 / 18:08 WIB
Nusatama Berkah (NTBK) Menyiapkan Capex Hingga Rp 8,9 Miliar Tahun Ini
ILUSTRASI. PT Nusatama Berkah Tbk (NTBK), perusahaan yang bergerak di bidang industri manufaktur kendaraan khusus untuk pertambangan, migas, kehutanan dan logistik.


Reporter: Kenia Intan | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Nusatama Berkah Tbk (NTBK) menyiapkan sejumlah rencana di tahun 2022. Agar berjalan lancar, emiten yang bergerak dalam industri manufaktur kendaraan ini mengalokasikan belanja modal atawa capital expenditure (capex) hingga Rp 8,9 miliar.

"Anggaran capex NTBK pada tahun 2022 difokuskan untuk memperkuat competitiveness dengan peningkatan kapasitas produksi dan upgrading permesinan," ungkap Sekretaris Perusahaan Nusatama Berkah Felik Widyo Makuprathowo kepada Kontan.co.id belum lama ini. 

Dana sebesar Rp 8,9 miliar itu salah satunya bersumber dari dari penawaran umum perdana saham atau initial public offering (IPO). Asal tahu saja, NTBK menggelar IPO pada 2-7 Februari 2022. Sahamnya secara resmi tercatat atau listing di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada Rabu 9 Februari 2022. 

Baca Juga: Nusatama Berkah (NTBK) Mengantongi Dana Rp 70 Miliar dari IPO, Simak Penggunaannya

Lewat aksi IPO, NTBK menerbitkan 700 juta saham baru yang merupakan saham biasa atas nama. Jumlah tersebut setara 25,93% dari seluruh modal disetor setelah IPO. Setiap saham NTBK dilepas dengan harga penawaran Rp 100 per saham. Dus, melalui aksi korporasi itu NTBK mengantongi dana hingga Rp 70 miliar. 

Felik menambahkan, sebagian besar dana yang dihimpun melalui IPO dialokasikan sebagai modal kerja sekitar 87,12%. Sementara itu, 12,8%  lainnya dialokasikan untuk capex dalam bentuk permesinan dan penambahan kapasitas produksi.

Dalam prospektusnya lebih rinci diungkapkan penggunaan 12,8% dari dana IPO itu. Sebesar 6,02% dana dimanfaatkan untuk pembelian mesin. Mesin yang berpotensi dibeli NTBK adalah CNC Automatic Gas & Plasma Cutting, Overhead Crane, Forklift 6T, 400A Welding DC machine Transformers, serta mesin-mesin lainnya yang dapat membantu meningkatkan performa kegiatan usaha.

Sementara, sebesar 6,77% dari dana akan digunakan untuk perluasan area produksi NTBK. Perluasan area produksi yang dimaksud adalah perluasan area produksi serta storage untuk produk-produk NTBK di tanah yang saat ini telah dimiliki.  

Baca Juga: Resmi Melantai di BEI, Saham Nusatama Berkah Melesat 35%

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Digital Marketing in New Normal Era The Science of Sales Management

[X]
×