kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45915,16   5,85   0.64%
  • EMAS1.343.000 -0,81%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Nilai Transaksi Kripto di Tokocrypto Naik 142% Pada Maret 2024


Kamis, 02 Mei 2024 / 17:42 WIB
Nilai Transaksi Kripto di Tokocrypto Naik 142% Pada Maret 2024
ILUSTRASI. Tokocypto mengalami lonjakan nilai transaksi sebesar 142% atau mencapai total transaksi US$ 1,3 miliar pada Maret 2024.


Reporter: Nadya Zahira | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Tokocypto mengalami lonjakan nilai transaksi sebesar 142% atau mencapai total transaksi sejumlah US$ 1,3 miliar pada Maret 2024. 

CEO Tokocrypto, Yudhono Rawis mengungkapkan bahwa kenaikan nilai transaksi tersebut didorong oleh beberapa faktor. Salah satunya yaitu, melonjaknya harga Bitcoin dan meningkatnya minat masyarakat terhadap aset kripto.

“Salah satu alasan kuatnya kinerja pasar kripto pada bulan Maret lalu adalah pemulihan harga Bitcoin yang mencapai harga tertinggi baru sepanjang masa. BTC melonjak ke rekor tertinggi hampir US$ 74.000,” kata Yudhono dalam siaran pers, Kamis (2/5). 

Dia menambahkan bahwa minat institusional terhadap ETF Bitcoin di Amerika Serikat masih juga tetap kuat, sehingga mendorong harga BTC dan meningkatkan minat masyarakat untuk masuk ke pasar dan investasi di kripto. 

Baca Juga: Aset Safe Haven Jadi Jawara Portofolio Sepanjang Bulan April

Yudhono juga memperhatikan bahwa lonjakan harga aset kripto pada bulan Maret lalu masih mencerminkan tingginya optimisme pasar terhadap kebijakan The Fed yang berencana menurunkan suku bunga tiga kali pada tahun ini, meskipun inflasi lebih tinggi. Risiko inflasi yang lebih tinggi pada gilirannya dapat mendorong permintaan terhadap penyimpanan nilai alternatif, seperti emas fisik dan Bitcoin.

Sedangkan dari perspektif sektor kripto, segmen pasar dengan kinerja terbaik selama bulan Maret adalah memecoin yang meraih keuntungan tinggi. Meskipun token terkait memecoin terutama diperdagangkan untuk hiburan dan belum memiliki kasus penggunaan yang jelas, mereka masih dianggap sebagai investasi dengan risiko sangat tinggi.

Dia menyebutkan, sepanjang bulan Maret lalu, memecoin berfungsi sebagai katalis pendorong utama pertumbuhan pasar kripto. Dalam 100 token teratas berdasarkan kapitalisasi pasar, semua memecoin telah memperoleh keuntungan yang luar biasa, dengan proyek seperti FLOKI dan WIF memimpin, masing-masing tumbuh sebesar 298,71% dan 250,76%. 

“Hal ini menarik investor yang didorong oleh antusiasme komunitas dan semangat spekulatif," jelas Yudhono.

Baca Juga: Jelang Penutupan Bulan April, Aset Kripto Menguat Terbatas

Yudho optimistis bahwa tren positif ini akan terus berlanjut di masa depan. Ia juga mengimbau para investor untuk selalu berhati-hati dan melakukan riset sebelum berinvestasi kripto. 

Menurutnya, lonjakan nilai transaksi dan jumlah investor kripto di Indonesia menunjukkan bahwa aset kripto semakin diminati dan diterima oleh masyarakat. Hal ini tentunya membuka peluang baru dalam pengembangan ekonomi digital di Indonesia.

"Penting bagi investor untuk memahami bahwa kripto merupakan aset yang berisiko tinggi. Oleh karena itu, investor harus melakukan riset yang mendalam sebelum berinvestasi. Meskipun potensi keuntungan dalam investasi kripto dapat sangat menggiurkan, investor juga harus sadar akan risiko yang melekat," ujar Yudhono. 

Sementara itu, pelaku usaha dan Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komodito (Bappebti) juga terus melakukan edukasi dan literasi kepada masyarakat untuk meningkatkan pemahaman tentang kripto dan meminimalisir risiko investasi. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×