kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Multipolar (MLPL) Bakal Rights Issue Dengan Harga Pelaksanaan Rp 500 per Saham


Selasa, 11 Januari 2022 / 08:55 WIB
Multipolar (MLPL) Bakal Rights Issue Dengan Harga Pelaksanaan Rp 500 per Saham
ILUSTRASI. Logo dan nama baru PT Multipolar Tbk (MLPL) dengan brand MPC. Lewat rights issue, Multipolar (MLPL) membidik dana hampir Rp 1 triliun.


Reporter: Sugeng Adji Soenarso | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Multipolar Tbk (MLPL) menerbitkan saham dengan hak memesan efek terlebih dahulu VII (HMETD) atawa rights issue. Lewat aksi korporasi ini, Multipolar membidik dana hampir Rp 1 triliun.

Dalam prospektus, MLPL menyebutkan saham baru ini memiliki nilai nominal Rp 100 yang ditawarkan dengan harga pelaksanaan Rp 500 per saham. "Penerbitan saham baru ini mewakili sebanyak-banyaknya 12,02% dari modal ditempatkan dan disetor penuh setelah HMETD VII, sehingga nilai HMETD VII sebanyak-banyaknya sebesar Rp 999,80 miliar," tulis manajemen, Senin (10/1).

Setiap pemegang 51 saham biasa atas nama kelas A, kelas B, dan kelas C, yang namanya tercantum dalam daftar pemegang saham pada 4 Maret 2022, mendapatkan 7 HMETD dengan satu HMETD berhak untuk membeli satu saham baru dengan nilai nominal Rp 100 per saham, dengan harga pelaksanaan Rp 500 per saham. Pemegang saham yang tidak melaksanakan HMETD yang ditawarkan sesuai porsi sahamnya, maka kepemilikan sahamnya akan terdilusi sampai maksimal 12,02%.

Baca Juga: Lippo Karawaci (LPKR) Optimisis Ekonomi Digital Akan Berperan Penting di Tahun 2022

Multipolar akan menggunakan Rp 90 miliar dana rights issue untuk melunasi sebagian pokok utang ke PT Bank CIMB Niaga Tbk (BNGA). Kemudian sekitar Rp 174 miliar atau setara US$ 12 juta akan digunakan untuk pelunasan sebagian pokok utang Multipolar kepada PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BBNI).

"Sisanya akan digunakan untuk pengembangan usaha dan atau investasi, baik secara langsung maupun melalui perusahaan anak," ungkap Multipolar.

Bertindak sebagai pembeli siaga dalam rights issue ini adalah PT Inti Anugerah Pratama, yang juga merupakan pemegang saham utama MLPL. Inti Anugerah Pratama akan melaksanakan seluruh HMETD yang akan diperolehnya dan akan bertindak sebagai pembeli siaga dengan saham yang nilainya setara dengan sebanyak-banyaknya Rp 520 miliar.

Baca Juga: Dapat Dana Segar US$ 50 Juta, Multipolar (MLPL) Pertajam Bisnis ke Digital

Inti Anugerah akan melaksanakan seluruh HMETD yang dimilikinya sejumlah 761,92 juta saham baru. Sebagai pembeli siaga, apabila setelah alokasi tersebut masih terdapat sisa saham yang ditawarkan, maka Inti Anugerah akan membeli sebagian sisa saham yang tidak diambil sebanyak-banyaknya 278,07 juta saham atau setara Rp 139,03 miliar yang seluruhnya akan dibayar secara tunai.

"Apabila rights issue hanya dilaksanakan Inti Anugerah, maka kepemilikan Inti Anugerah pada Multipolar adalah sebesar 42,04%," sebut manajemen MLPL.

Adapun, pencatatan saham baru hasil pelaksanaan HMETD akan dilakukan di BEI pada 8 Maret 2022. Sementara tanggal terakhir pelaksanaan rights issue adalah tanggal 14 Maret 2022.

Baca Juga: Rights Issue MPPA; GoTo Absen, Temasek Punya Acara Lain, Lippo Penuhi Komitmennya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×