kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45926,73   11,38   1.24%
  • EMAS1.325.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Minyak naik dipicu ekspektasi penurunan pasokan


Rabu, 24 Juni 2015 / 06:37 WIB
Minyak naik dipicu ekspektasi penurunan pasokan


Sumber: AFP | Editor: Yudho Winarto

NEW YORK. Harga minyak dunia naik, Selasa (Rabu pagi WIB) terangkat ekspektasi penurunan lebih lanjut persediaan AS dan data positif di zona euro yang bisa menandakan permintaan kuat.

Patokan AS, minyak mentah light sweet atau West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman Agustus, naik 63 sen menjadi ditutup pada 61,01 dollar AS per barel pada hari pertama perdagangan kontrak Agustus di New York Mercantile Exchange.

Minyak mentah Brent North Sea untuk penyerahan Agustus berakhir di 64,45 dollar AS per barel di perdagangan London, naik 1,11 dollar AS dari penyelesaian Senin.

Pasar minyak telah pulih dari tingkat yang lebih rendah meskipun dollar menguat, "dengan PMI zona euro lebih kuat dari perkiraan dan berharap bahwa kesepakatan utang Yunani akan tercapai, membantu mendukung harga bergerak lebih tinggi," kata Tim Evans dari Citi Futures.

Harapan "bullish" untuk laporan minyak Departemen Energi AS pada Rabu juga mengangkat harga, karena para analis memperkirakan persediaan minyak mentah AS turun lagi untuk kedelapan minggu berturut-turut.

Pasar "mencari hasil imbang 1,3 hingga 1,5 juta barel dalam penyimpanan untuk minyak mentah" dan penurunan sekitar setengah juta barel dalam stok bensin, kata Bob Yawger dari Mizuho Securities.

Yawger mengatakan hal itu tidak biasa melihat kinerja yang kuat di pasar minyak ketika dollar telah kuat sepanjang hari, "sehingga ada misteri di pasar." Sebuah greenback menguat cenderung membuat minyak mentah yang dihargakan dalam dollar kurang menarik untuk investasi.

Yawger menambahkan bahwa pasar semakin ketat menyusul negosiasi antara Iran dan kekuatan dunia pada program nuklir kontroversial Teheran menjelang tenggat waktu 30 Juni.

Sebuah perjanjian bisa melihat Teheran membuka program nuklirnya, meredakan kekhawatiran negara itu sedang membuat senjata atom, sebagai imbalan untuk kekuatan mencabut sanksi ekonominya.

Itu dapat mengakibatkan minyak mentah Iran kembali ke pasar dunia, menambah kelebihan pasokan saat ini yang membuat harga terjun dari lebih dari 100 dollar AS per barel pada tahun lalu.

"Ini tidak terlihat seperti kesepakatan akan dapat dilakukan pada 30 Juni, terlihat seperti mereka akan memperpanjang kesepakatan itu. Jadi saya kira pemikiran barel Iran datang di papan dalam waktu cepat tidak akan terjadi,"  kata Yawger.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×