kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45926,73   11,38   1.24%
  • EMAS1.325.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Harga minyak naik fokus pada pasokan Iran


Selasa, 23 Juni 2015 / 06:38 WIB
Harga minyak naik fokus pada pasokan Iran


Sumber: AFP | Editor: Yudho Winarto

 NEW YORK. Harga minyak dunia naik moderat pada Senin (Selasa pagi WIB), karena para pedagang fokus pada harapan untuk kesepakatan dana talangan Yunani dan kemungkinan kembalinya pasokan Iran ke pasar global yang kelebihan pasokan.

Patokan AS, minyak mentah light sweet atau West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman Juli, naik tipis tujuh sen menjadi berakhir pada 59,68 dollar AS per barel di New York Mercantile Exchange.

Minyak mentah Brent North Sea untuk penyerahan Agustus ditutup pada 63,34 dollar AS per barel di perdagangan London, naik 32 sen dari penyelesaian Jumat.

Para pemimpin zona euro, mengadakan pertemuan darurat di Brussel pada Senin, optimis secara hati-hati tentang usulan reformasi sebelas jam dari Yunani ketika mereka bertemu dengan Perdana Menteri Yunani Alexis Tsipras di Brussel.

Presiden Uni Eropa Donald Tusk mengatakan penawaran reformasi baru dibuat oleh pemerintah kiri Yunani adalah "proposal nyata pertama bagi banyak pekan" dari pemerintah, memberikan harapan untuk mengakhiri kebuntuan lima bulan antara pemerintah Yunani dan para kreditornya, Dana Moneter Internasional (IMF) dan Uni Eropa, sebelum batas waktu 30 Juni.

Jika pembicaraan gagal, Yunani kemungkinan akan gagal bayar (default) pada pembayaran utang IMF 1,5 miliar euro (1,7 miliar dollar AS), mungkin menyebabkan keluarnya Athena dari zona euro.

Namun demikian, Daniel Ang dari Phillip Futures di Singapura mengatakan negosiasi Iran dengan kekuatan dunia atas program nuklirnya yang akan memberikan headwinds (tantangan) untuk harga minggu ini.

Jika Teheran dan enam negara yang ingin membatasi kegiatan nuklirnya mencapai kesepakatan, kekuatan telah sepakat untuk secara bertahap mengurangi kembali sanksi yang dikenakan sejak 2012 yang telah memangkas ekspor minyak Iran. “Kembalinya pasokan Iran bisa menyebabkan kelebihan pasokan di pasar global,” kata Ang. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×