kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Menunggu pengumuman bunga BI, rupiah terus lanjutkan penguatan di hadapan dollar AS


Kamis, 18 Juli 2019 / 13:36 WIB
Menunggu pengumuman bunga BI, rupiah terus lanjutkan penguatan di hadapan dollar AS

Reporter: Adinda Ade Mustami, Tendi Mahadi | Editor: Tendi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Rupiah masih terus melaju untuk melanjutkan tren penguatan pada siang hari ini jelang pengumuman suku bunga Bank Indonesia (BI). Kamis (18/7) pukul 13.25 WIB rupiah di pasar spot ada di level Rp 13,938 per dollar Amerika Serikat (AS), alias menguat 0,32% dibanding penutupan sehari sebelumnya.

Sementara itu, di Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) Bank Indonesia, rupiah berada di angka Rp 13.976 per dollar AS atau melemah 0,19%.


Penguatan rupiah ini sejalan dengan penguatan berbagai mata uang negara Asia di hadapan USD. Mulai dari won Korea Selatan, yen Jepang, dollar Singapura, hingga ringgit Malaysia.

Ekspektasi terhadap penurunan suku bunga BI dinilai menjadi salah satu katalisator penggerap rupiah hari ini. Di mana sejumlah pengamat menilai bank sentral bakal memotong suku bunga acuan pada bulan ini. 

Kepala Ekonom UOB Indonesia Enrico Tanuwidjaja misalnya memperkirakan, BI akan memangkas bunga acuannya sebesar 25 basis points (bps) menjadi 5,75% bulan ini. Penurunan ini sejalan dengan perkiraan penurunan bunga Bank Sentral Amerika Serikat (The Fed) tahun ini sejalan dengan perlambatan ekonomi AS.


Tag


TERBARU

Close [X]
×