kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45921,75   12,44   1.37%
  • EMAS1.343.000 -0,81%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Mengenal pendiri bisnis MMM asal Rusia


Rabu, 06 Agustus 2014 / 12:51 WIB
Mengenal pendiri bisnis MMM asal Rusia


Reporter: Barratut Taqiyyah | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

JAKARTA. Belakangan, gencar diberitakan tawaran bisnis baru berbalut investasi bernama MMM. Kepanjangan MMM ala Indonesia diartikan sebagai Manusia Membantu Manusia. Sementara, kepanjangan asli dari singkatan ini adalah Mavrodi Modial MoneyBox. Nah, Mavrodi sendiri diambil dari nama pendirinya yakni Sergei Mavrodi, yang berasal dari Rusia.

Yang membuat tawaran ini banyak diminati adalah return investasi hasil membantu orang lain yang cukup tinggi yakni 30% dalam kurun waktu sebulan. Hal ini tentu sangat menggiurkan. Apalagi, tidak ada ketentuan anggota MMM harus mencari anggota lain layaknya bisnis Multi Level Marketing (MLM).

Nah, di Indonesia, tawaran bisnis ini sudah hadir sejak dua tahun lalu. Sejauh ini, belum ada keluhan pihak yang dirugikan. Meski demikian, tidak ada salahnya jika Anda teliti dengan seksama sebelum memutuskan untuk berinvestasi. Dengan demikian, Anda bisa terhindar dari risiko kerugian investasi bodong.

Bagaimana sebenarnya sejarah bisnis MMM?

Hasil riset Kontan dari Wikipidea menunjukkan, Mavrodi memiliki sejarah buruk dalam bisnis ini. MMM didirikan 1988 oleh Mavrodi. Bermula dari bisnis jual beli komputer dan peralatan kantor, usaha yang dijalankan Mavrodi tidak membuahkan hasil. Itu sebabnya, Mavrodi mencari celah bisnis lain hingga akhirnya dia meluncurkan MMM.

Penawaran return yang menggiurkan menyebabkan banyak warga Rusia yang tertarik menanamkan dananya ke bisnis ini. MMM berhasil mengumpulkan dana yang sangat besar mencapai US$ 50 juta per hari. Bisnisnya tersebut dijalankan dengan Pyramid Scheme, yang merupakan usaha legal di Rusia.

Pada 22 Desember 1997, Mavrodi menyatakan kebangkrutan MMM. Dia kemudian menghilang dan menjalankan bisnis serupa dengan nama yang berbeda. Tahun 1998, misalnya, dia mendirikan Stock Generation, yang juga menggunakan skema piramida yang ditampilkan sebagai virtual stock market game. Situs ini beroperasi sejak 1998 hingga awal 2000. Namun, lagi-lagi bisnis ini kembali bangkrut dengan jumlah korban mencapai puluhan ribu orang.

Pada 28 April 2007, pengadilan Moscow menjatuhkan hukuman kepada Mavrodi selama 4,5 tahun dan denda sebesar 10.000 rubles. Dia kemudian tertangkap dan dijebloskan ke dalam penjara.

Meski sudah dihukum, Mavrodi sepertinya belum kapok juga. Dia kembali mendirikan bisnis dengan skema serupa di India bernama MMMIndia. Kabarnya, bisnis ini akan dikembangkan ke Eropa Barat, Kanada, dan Amerika Latin. (Berbagai sumber)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×