CLOSE [X]
kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.001,61   -7,10   -0.70%
  • EMAS995.000 -0,10%
  • RD.SAHAM -0.30%
  • RD.CAMPURAN -0.02%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.01%

Melirik Peluang Reksadana Pasar Uang di Tengah Potensi Kenaikan Suku Bunga Acuan


Rabu, 06 Juli 2022 / 07:35 WIB
Melirik Peluang Reksadana Pasar Uang di Tengah Potensi Kenaikan Suku Bunga Acuan
ILUSTRASI. Reksadana pasar uang diproyeksi akan kembali bergairah


Reporter: Aris Nurjani | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Potensi kenaikan suku bunga acuan Bank Indonesia (BI) di semester II-2022 diproyeksi bakal mengerek prospek reksadana pasar uang. Alhasil, reksadana pasar uang pun mulai kembali dilirik sebagai alternatif investasi yang memberikan return menarik dan likuiditas tinggi.

"Melihat pasar saham yang sangat fluktuatif membuat investor akan parkir ke reksadana pasar uang, karena memberikan return lebih tinggi dibanding deposito dan dapat dicairkan kapan saja," jelas Head of Business Development Division Henan Putihrai Asset Management (HPAM) Reza Fahmi  kepada Kontan.co.id, Senin (4/7).

Reza memperkirakan Bank Indonesia (BI) bakal menaikkan suku bunga sebesar 75 basis point dari 3,5% ke 4,25%. Hal tersebut menjadi kunci bagi reksadana pasar uang untuk kembali dilirik.

"Ketika suku bunga meningkat, secara historis reksadana pasar uang lebih baik dibanding dengan saham dan obligasi," ujar Reza.

Baca Juga: Kembali Turun, Hasil Lelang SUN Hari Ini Hanya Capai Rp 15,98 Triliun

Reza menambahkan, reksadana pasar uang selalu menjadi first entry bagi first time investor dan safe haven sehingga akan tetap diminati.

Reza memproyeksikan, kinerja reksadana pasar uang di akhir tahun bakal mentereng akan memberikan imbal hasil sebesar 4% hingga 5%. Namun, proyeksi tersebut masih bergantung pada keputusan BI akan menaikan suku bunga atau tidak.

Menurut Reza, angka tersebut keluar dari perhitungan dari bunga yang didapat dari penempatan deposito dan juga imbal hasil dari obligasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Data Analysis with Excel Pivot Table Supply Chain Management on Distribution Planning (SCMDP)

[X]
×