Reporter: Ika Puspitasari | Editor: Handoyo .
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Media Nusantara Citra Tbk (MNCN) percaya diri mampu membukukan kinerja yang positif sepanjang tahun 2020. Di tengah pandemi Covid-19, mencatat kenaikan peningkatan konsumsi TV.
Hary Tanoesoedibjo, Group Chairman MNC Group menuturkan, jumlah pemirsa dan durasi menonton rata-rata per pemirsa meningkat signifikan. Ia bilang, peningkatan konsumsi TV disebabkan oleh kebutuhan akan hiburan gratis serta minat penonton untuk berita yang beredar tentang Covid-19.
Baca Juga: Pendapatan tumbuh 7%, tapi laba bersih MNCN turun 43% di kuartal I 2020
Selain itu, RCTI + juga diuntungkan dalam kondisi Covid-19, hingga saat ini pengguna aktif bulanan atau monthly active user (MAU) telah meningkat menjadi lebih dari 9 juta.
Peningkatan ini sejalan dengan adanya pertumbuhan pada jumlah penonton dan rata-rata waktu menonton per permirsa, terlebih pengiklan independen pada platform ini juga meningkat.
Sebagai informasi, sekarang ini RCTI + memiliki 3 fitur meliputi streaming video, berita, dan streaming audio, yang mencakup agregator radio dan podcast. Nah, rencananya pada kuartal tiga mendatang RCTI + akan meluncurkan 2 fitur tambahan, yaitu, kompetisi pencarian bakat UGC (user generated platform) dan agregator game. Adapun, beberapa fitur paling populer di RCTI + adalah live chat dengan talent MNCN dan kuis terhadap konten FTA.
Ia menambahkan, konten-konten MNCN di Youtube juga terus berkembang menjadi penghasil views dan subscribers terbesar di Indonesia. MNCN berhasil mencatat subscribers di Youtube mencapai lebih dari 73 juta pada Maret 2020 dan menghasilkan lebih dari 2 miliar tampilan setiap bulannya.
“Youtube menjual iklan terhadap konten MNCN, membagi pendapatan 55% dan 65% masing-masing untuk konten non-musik dan musik kepada Perseroan,” ujarnya dalam rilis, Senin (4/5).
Baca Juga: Ini 10 saham net buy terbesar investor asing pada perdagangan Senin (4/5)
Sejalan dengan peningkatan traffic dalam platform streaming, hingga saat ini, kinerja Youtube MNCN telah meningkat secara signifikan YoY. Pangsa pasar upload MNCN di Youtube Indonesia adalah 2,5% vs views 4,8%.
Tak hanya itu, bisnis MCN (multi-channel network) pun menunjukkan kinerja yang cukup baik karena berhasil menarik lebih dari 3 miliar views dan 29 juta subscribers dalam 8 bulan beroperasi.
Dari sisi pendapatan iklan, Media Nusantara Citra juga masih mencatat pertumbuhan iklan yang positif sepanjang kuartal pertama tahun ini. Hanya saja, menginjak bulan pertama pada kuartal 2 2020, perusahaan ini memproyeksi ada perubahan pola belanja pengiklan.
“Mayoritas FMCG dan farmasi masih mempertahankan tingkat iklan sesuai anggaran selama setahun penuh. Namun, selain FMCG dan farmasi, sebagian besar klien memotong anggaran belanja iklan,” paparnya.
Meski begitu, ia optimis bahwa belanja iklan akan meningkat pada kuartal tiga 2020 mendatang.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News